PENGARUH SKILL PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK AUTISME USIA 3-6 TAHUN DI LEMBAGA RESTU BUNDA A PLUS PUSAT TERAPI TERPADU (INTEGRATED THERAPY CENTER) JL. BLITAR No.2 MALANG

Iswanto Sastiawan, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Skill Play adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan pada semua anak yang disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak, serta jenis alat permainannya yang dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Skill Play berfungsi untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak autis dengan memberikan stimulasi fisik maupun mental pada anak autis selama dan sesudah diberikan skill play saat diterapi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh skill play terhadap perkembangan motorik halus anak autis usia 3-6 tahun di Lembaga Restu Bunda A Plus Pusat Terapi Terpadu (Integrated Therapy Centre) Jl.Blitar No.2 Malang. Desain peneitian menggunakan desain pra-eksperimen. Pengambilan sampel dengan Total Sampling yaitu sejumlah 10 responden. Pengujian penelitian menggunakan uji statistik Mann Whitney. Dari hasil penelitian diketahui sebanyak 5 anak (50%) mempunyai perkembangan motorik halus kurang sebelum diberikan skill play dan sebanyak 7 anak (70%) mempunyai perkembangan motorik halus cukup setelah diberikan skill play. Dari hasil uji analisis statistik didapatkan nilai p value sebesar 0,004 yang dimana nilai ini lebih kecil dari nilai α 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh setelah pemberian skill play dalam perkembangan motorik halus pada anak autisme Usia 3-6 Tahun di Lembaga Restu Bunda A Plus Pusat Terapi Terpadu (integrated therapy centre) Jl. Blitar No.2 Kota Malang. Bagi penelitian selanjutnya dapat dikembangkan menjadi penelitian yang menbandingkan pengaruh skill play dengan terapi sense of pleasure play terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme.

ABSTRACT

Play Skills is a game tool that can optimize the development of all children, adapted to the age and development of the child, as well as the nature of the game-designed game tool. Skill play is designed to develop fine motor skills in children with autism to help children with autism during and after the skill game with physical and mental stimulation. The purpose of this research is to know the influence of skill games smooth motor development of autistic children aged 3-6 years in Instituto Restu Bunda A Plus Integrated Therapy Center (Jl.Blitar No.2 Malang). The research design uses pre-experimental design. Random samples are 10 respondents. Testing the study with statistical tests Mann Whitney.
From the result of the research, it is known that 5 children (50%) have less motor development before showing their ability, and 7 children (70%) have sufficient motor development according to the given skill. From the statistical test results obtained p value value of 0.004, where this value is less than the value of α 0.05, it can be concluded, there is influence after the game of skill in the development of fine motor skills in children with autism age 3-6 years at the Institu Restu Bunda A Plus Integrated Therapy Center (Integrated Therapy Center) Jl. Blitar No.2 Malang city. For further research, a study comparing the impact of games of skill and the perception of comedy on the development of fine motor skills in children with autism can be developed.

Keywords : Play skill; smooth motor development.

Keywords

Skill Play; perkembangan motorik halus.

References

Aden, R. 2010. Seputar penyakit dan gangguan lain pada anak, Yokyakarta hanggar kreator.

Elizabeth B. Hurlok. 2012. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan SepanjangnRentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Maulana, Mirza. 2008. Anak Autis: mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Jogjakarta: Katahati.

Soetjiningsih. 2002. Tumbuh kembang anak. Surabaya: EGC

Handojo, Y MPH. 2003. Autisma. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.