HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN PERSONAL HYGIENE OLEH PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN IMOBILISASI DI RUANG KENANGA RUMAH SAKIT TK. II dr. SOEPRAOEN MALANG

Tista Venuzela, Tri Anjaswarni, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Perawat dalam memberikan pelayanan personal hygiene harus mempunyai motivasi yang tinggi agar hasil yang dicapai dapat memuaskan pasien. Personal hygiene penting dilakukan perawat terutama pada pasien imobilisasi yaitu pasien yang mengalami ketidakmampuan atau kelemahan karena stroke atau penyebab lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelayanan personal hygiene oleh perawat dengan kepuasan pasien imobilisasi di Ruang Kenanga Rumah Sakit TK. II dr. Soepraoen Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperiment dengan jenis korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya adalah pasien imobilisasi di ruang kenanga RS. dr. Soepraoen Malang yang berjumlah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearman rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan personal hygiene pada kategori kurang sebanyak 12 orang (70,6%), dengan kepuasan pasien pada kategori tidak puas sebanyak 9 orang (52,9%). Hasil analisis bivariat menunjukkan pvalue = 0,00 artinya pvalue < 0,05. Artinya ada hubungan antara pelayanan personal hygiene oleh perawat dengan kepuasan pasien imobilisasi di ruang Kenanga Rumah Sakit TK. II dr. Soepraoen Malang. yang bersifat positif dengan Correlation Coefficient 0,856. Saran yang dapat direkomendasikan bagi Rumah Sakit TK. II dr. Soepraoen, Hendaknya perawat yang bertugas di Ruang Kenanga berupaya meningkatkan kualitas pelayanan personal hygiene pada pasien imobilisasi supaya pasien merasa sangat puas dengan pelayanan yang telah diberikan.

ABSTRACT

Nurses in giving personal hygiene service must have high motivation in order to satisfy patients. Personal hygiene is important to do by nurses especially for immobilized patients i.e. patients who have inability because of stroke or other causes. The purpose of this study was to determine the relationship between personal hygiene service by nurses and immobilized patients satisfaction at Kenanga Room of dr. Soepraoen Hospital, Malang. This study used non experiment design i.e. correlation with cross sectional method. The population was immobilized patients at Kenanga Room of dr. Soepraoen Malang as many as 40 people. The sample was 17 people. The sampling used purposive sampling. The data were analyzed by Spearman rank statistical test with level of significance 0.05. The research results show that personal hygiene service is in lack category as many as 12 people (70,6%), with almost patient’s satisfaction is not satisfy category as many as 9 people (52.9%). The bivariate analysis results show that p value = 0.00 meaning that p value < 0.05. This means that there is relationship between personal hygiene service by nurses and immobilized patients satisfaction at Kenanga Room of dr. Soepraoen Hospital, Malang which has positive correlation coefficient 0.856. Suggestions recommended for the dr. Soepraoen Hospital, should a nurse on duty at Kenanga Room to improve the quality of personal hygiene service in patients so that the immobilization patient become very satisfied with the services.

Keywords : Immobilization; patient’s satisfaction; personal hygiene; service.

Keywords

Imobilisasi; kepuasan pasien; pelayanan; personal hygiene.

References

Damayanti. 2009. Efektifitas Tindakan Personal Hygiene terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi di Rumah Sakit Murdi Rahayu Kudus. (Online). http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/21119/1/jmb-jan2009-2%20(1).pdf. Diakses pada tanggal 3 Juni 2012.

Mubarak, Wahid Iqbal dan Chayatin. 2007. Buku Ajar Kebutuhan dasar Manusia: Teori dan Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar- Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Potter dan Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: konsep dan praktik. Jakarta: EGC.

Safitri. 2009. Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi dalam Pemenuhan Pelaksanaan Personal Higiene Oleh Perawat di Rumah Sakit H. Adam Malik Medan. Skripsi Ilmu Keperawatan FK-USU.

Tarwoto dan Wartonah. 2004. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wahyuningsih dan Subekti. 2005. Pedoman Perawatan Pasien. Jakarta: EGC.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.