KAJIAN BENTUK DAN STRUKTUR HUTAN KOTA MALANG

Agustinus Robinson Heba, Amir Hamzah, Riyanto Djoko

Abstract


Ruang Terbuka Hijau (RTH) perkotaan adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman dan vegetasi (endemik maupun introduksi) guna mendukung manfaat ekologis, sosial-budaya dan arsitektural yang dapat memberikan manfaat ekonomi keuntungan dan sosial (kesejahteraan) bagi masyarakatnya.
Kajian Ruang Terbuka Hijau kota Malang dapat ditinjau dari aspek bentuk dan struktur. Klasifikasi dalam aspek bentuk ada yang bergerombol, menyebar dan menjalur dengan struktur yang menyerupai seperti hutan alam, membentuk habitat yang memungkinkan kehidupan bagi satwa dan menimbulkan lingkungan yang sehat. Secara struktur ini penting untuk meningkatkan manfaat ekologis, social – budaya dan arsitektural untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana metode ini dilaksanakan melalui pengamatan secara langsung di lapangan dan pengumpulan data kemudian data tersebut dianalisis. Pengambilan data dilakukan dengan membuat plot-plot pengamatan 20 x 20 meter yang diletakkan pada seluruh bagian hutan kota. Pemilihan plot pengamatan dilakukan secara purposive minimal 10 plot pada setiap hutan kota.
Dari hasil pengamatan dan penilaian yang merupakan tahapan evaluasi kondisi tapak dengan cara pengukuran, pemotretan, dan studi literatur. Pengamatan dan penialaian dilakukan terhadap dominasi, keragaman, dan frekuensi setiap spesies tanaman pada hutan kota malang, Pelaksanaan metode studi meliputi pengamatan lapangan dengan cara menginventarisasi jenis-jenis vegetasi yang ada di tapak untuk mengetahui sebaran vegetasi/tanaman

Keywords


Ruang Terbuka Hijau ( RTH ), Bentuk, Struktur

Refbacks

  • There are currently no refbacks.