STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK TALAS (Studi Kasus Pada CV. Jessi Muji Jaya Di Desa Mulyorejo, Kec. Ngantang, Kab. Malang)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa salah satu tanaman pangan yang dapat digunakan sebagai suplemen beras dan terigu yaitu talas. Masyarakat Indonesia belum memahami tentang manfaat talas dan bagaimana cara mengolahnya sehingga memiliki nilai jual. Salah satu rumah industri yang memproduksi keripik talas adalah rumah industri CV Jessi Muji Jaya. Rumah industri tersebut memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan bisnis talas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal, faktor eksternal yang mendukung pengembangan usaha dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pada rumah industri CV. Jessi Muji Jaya. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor kekuatan utama yaitu produk sudah mendapat nomor PIRT. Faktor kelemahan utama adalah harga lebih mahal dibandingkan pesaing dan persediaan bahan baku berkurang. Faktor peluang utama adalah adanya kebijakan keamanan pangan suatu produk. Faktor ancaman utama adalah biaya bahan baku meningkat. Alternatif strategi dari hasil matriks IE yaitu strategi jasa dan pertahanan, menghindari penjualan dan keuntungan.
Keywords
References
Badan Pusat Statistik. 2019. Data Jumlah Penduduk Indonesia. (online) https://www.bps.go.id. Diakses tanggal 5 Januari 219.
Budia, Istatuk, W.D. Bhayangkara, dan Isti Fadahb. 2016. Identifocation of Problems and Strategies of the Home-Based Industry in ember Regency. Jurnal. Agriculture and Agricultural Science Procedia (online). Vol. 9, Hal. 363 – 370. At www.sciencedirect.com. Diakses 18 Januari 2019.
David, Fred R 2006. Manajemen Strategis, Terjemahan : PT. Indeks Kelompok Gramedia. PT. Gramedia. Jakarta.
Kotler, Philip dang ARY Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlanga.
Novianto. 2017. Analisis Stategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, (Online). http://digilib.unila.ac.id. Diakses 5 November 2018.
Rangkuti, Fredy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wiyana, Panji, Dewi Kurniasih, Rina Hidayat, Wynda Julia R, Eka Marliana. 2009. Pengembangan Bisnis Keripik Talas Aneka Rasa Sebagai Jajanan Khas Bogor. Program Kreativitas Mahasiswa. Institute Pertanian Bogor, (Online). https://media.neliti.com. Diakses 5 November 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.