ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA PRODUK DI ISTANA SAYUR

Ma'rifatul Jannah, Ana Arifatus Sa’diyah, Farah Mutiara

Abstract


Vegetable Palace is a business that is engaged in marketing agricultural products. This business sells various kinds of vegetable products, including kale, spinach, mustard greens and slada. So that the Vegetable Palace business can compete with similar businesses it is necessary to improve service quality and product prices. The purpose of this study is to analyze customer satisfaction with service quality and product prices at the Vegetable Palace. The data used in this study are primary data and secondary data. This research data collection method is carried out directly. A total of 120 respondents in this study were determined based on accidental sampling. This study uses data analysis methods Importance Performance Analysis (IPA). Science is a tool in analyzing or used to compare the level of service and price of products to the desired level of satisfaction. After obtaining the level of satisfaction, then map the average value of each attribute into a Cartesian diagram. The results of the analysis show the level of customer satisfaction is in quadrant B, which means maintaining performance, from each of these attributes and can be seen that customer satisfaction with service quality and product prices in the Vegetable Palace is in quadrant B, which means consumers are satisfied.



Istana Sayur merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang pemasaran hasil pertanian. Usaha ini menjual aneka macam produk sayuran, antara lain kangkung, bayam, sawi dan slada. Agar usaha Istana Sayur bisa bersaing dengan usaha sejenis maka perlu upaya peningkatan kualitas pelayanan dan harga produk. Tujuan penelitian ini menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk di Istana Sayur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan secara langsung. Total 120 responden penelitian ini ditentukan berdasarkan Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Importance Performance Analysis (IPA). IPA merupakan alat bantu dalam menganalisis atau yang digunakan untuk membandingkan antara tingkat Pelayanan dan Harga produk terhadap tingkat kepuasan yang diinginkan. Setelah diperoleh nilai tingkat kepuasan, selanjutnya memetakan nilai rataan dari masing-masing atribut ke dalam diagram Kartesius. Hasil analisis menunjukkan tingkat kepuasan konsumen berada pada kuadran B yang berarti pertahankan prestasi, dari setiap atribut-atribut tersebut dan dapat diketahui kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk di Istana Sayur berada pada kuadran B yang berarti konsumen puas.

Keywords


Sayuran; Kepuasan; Importance Performance Analysis (IPA)

References


Arumsari, 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek aqua. Univ. Diponegoro, Semarang.

Anggi, 2013.Analisis pertumbuhan tanaman kubis (brassica oleracea) pada tanah yang terakumulasi logam berat kadimium (Cd) di perkebunan pangalengan kabupaten bandung. UPI. Bandung.

Hartono, D. 2005. Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Mutu Produk dan Mutu Pelayanan pada PT. Fast Food Indonesia, Tbk. IPB. Bogor.

Hidayat,2013. Analisis kepuasan konsumen terhadap mutu produk dan jasa pelayanan di restoran ayam kq5 bogor. IPB. Bogor.

Himawan, 2013. Analisis kepuasan dan loyalitas petani terhadap pupuk organik merek “super petroganik”. Univ. Brawijaya. Malang.

Priansa, Doni Juni, S.Pd., S.E., M.M., QWP. 2017. Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontenporer.Bandung. CV. Alfabeta.

Pari, 2017. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di chicken corner 7 tanggerang. IPB. Bogor.

Permatasari, 2014. Tingkat kepuasan konsumen pada pelayanan dan produk makanan di objek wisata waduk gajah mungkur kabupaten wonogiri. Univ. Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Rico Palaguna. 2012. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada restauran famili medan. Univ. Negri Medan. Medan.

Sari, 2015. Kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di ndalem ngabean resto. Univ. Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sari, 2006. Analisis pengaruh persepsi kualitas dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang. Univ. Diponegoro. Semarang.

Tangkulung, 2006. Analisis kepuasan konsumen terhadap atribut sayuran organik di hypermart manado. UNRAT. Manado.

Widodo, 2016. Pengaruh brand image, atribut produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda vario di kulo progo. UNY. Yogyakarta.

Wikan, 2012. Pengaruh atribut produk dan harga terhadap keputusan pembelian bundle handphone smartphone merek blackberry 8530. Unesa. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.