PENGARUH LEVEL ENZIM (0,1 & 0,2%) TERHADAP APPARENT METEBOLIZABLE ENERGI (AME) TEPUNG BULU AYAM (BGA DAN BAG) PADA TIKTOK

MELIANUS GOBAY, Achmanu Achmanu, Eka Fita Sari

Abstract


Penelitihan ini dilaksanakan di laboratorium Lapang Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang mulai tanggal bulan april sampai juni 2012. Analisa daya cerna asam amino threonin dilaksanakan di laboratorium Sarawanti Indonesia Genetech, Jl. Rasamala No.20 Taman Yasmin Bogor, 16006.
Materi yang digunakan dalam penelitihan ini adalah ternak tiktok persilangan dari entok jantan dan itik betina yang berjenis kelamin jantan sebanyak 20 ekor dengan berat badan rata-rata 2089,10 ± 0,22. Metode yang digunkan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu dengan 5 perlakuan (P0= Pakan Kontrol, P1= Enzim Alizyme fd 0,1% ditambakan 5% Tepung Bulu Ayamm (BGA), P2= Enzim Alizyme fd 0,2% ditambakan 5% Tepung Bulu Ayam (BGA), P3= Enzim Alizyme fd 0,1% ditambakan 5% Tepung Bulu Ayam (BAG), dan P4= Enzim Alizyme fd 0,2% ditambakan 5% Tepung Bulu Ayam (BAG). Setiap perlakuan diulangi 4 kali, masing-masing menggunakan 1 ekor tiktok. Variabel yang diamati adalah kecernaan Apparent Metabolizable Energi (AME) pada tiktok.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penambaan enzim alizyme fd dan tepung bulu ayam pada ransum perlakuan terhadap daya kecernaan Apparent Metabolizable Energi (AME) pada tiktok memberikan pengaruh yang sangat nyata (P>0,01).
Hasil penelitihan dapat disimpulkan bahwa penambaan enzim alizyme fd dan tepung bulu ayam pada ransum terhadap daya cerna Apparent Metabolizable Energi (AME) pada tiktok pejantan. Perlakuan P1 dengan penaambaan enzim alizyme fd 0,1% dan tepung bulu ayam (BGA) 5% pada ransum tiktok memberikan hasil yang baik pada nilai ekonomis pakan, dan daya cerna Apparent Metabolizable Energi (AME) pada tiktok pejantan, sehingga dapat disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjutan dengan menggunakan obyek yang sama

Keywords


Ternak Tiktok, Tepung Bulu Ayam, Level Enzim Alizyme fd, dan Daya cernaan Apparent Metabolizable Energi (AME)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.