PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGORGANISASIAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI KECAMATAN PAKIS

Yohanes Mitan, Eri Yusnita, Son Suwasono

Abstract


Keberadaan Gapoktan Di Kecamatan Pakis tak luput dari peran penyuluh pertanian yang berada di BP3K (Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Dan Kehutanan)Kecamatan Pakis yang mempunyai tujuan meningkatkan pemberdayaan kelembagaan petani di wilayah Kecamatan Pakis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitiandilaksanakan di Kantor Pertanian Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.PenelitianinidilakasanakanpadabulanJuni 2015 sampaiAgustus 2015.Populasi yang diambildalampenelitianiniadalahGapoktan di Kecamatan Pakis.terdiridari Ketua Gapoktan, Bendahara Gapoktan dan sekretaris Gapoktan.Analisis data dalam penelitian ini berlangsung bersamaan dengan proses pengumpulan data atau melalui tiga tahapan model alir dari Miles dan Huberman (1992) dalam Bungin (2007), yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwaHambatanDalamPengorganisasianGapoktan di Kecamatan Pakis terdapat 2 macam yang bersifat internal daneksternal, Dari hambatan-hambatan yang adasampaipadasaatiniGapoktan di Kecamatan Pakis dapatmengatasihambatan-hambatantersebutdenganbantuanpengarahandari PPL maupunteratasisendiriolehGapoktan.FaktorPelancaratauFaktorPendukungdalamPengorganisasianGapoktan yang utamayaitukebijaksanaandaripemerintah berupa program maupun bantuan-bantuan modal misalkandana PUAP, pelatihan-pelatihankepadapengurusGapoktanuntuksemakinmeningkatkankualitas SDM pengurus, sertaadanyapenyuluhan-penyuluhanpertanianjugamerupakan factor pendukungdalampengembanganGapoktankarenadenganadanyapenyuluhanpertanianpengetahuanpetanidankelompoknyasemakinbertambahdanberwawasanluas, sehinggamendukungpengorganisasianGapoktan di Kecamatan Pakis kedepan.

Keywords


peran, penyuluh pertanian, pengorganisasian,gapoktan,pakis

References


Arifin, Bustanul. 2010. Strategi Baru Pembangunan Pertanian.

Departemen Pertanian, 2007. Pedoman Penumbuhan, Pengembangan dan Gabungan Kelompoktani, Permentan No: 273/Kpts?OT.160/4/2007 Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani

Departemen Pertanian. 2007. Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani.Oktober2008.

Gitosaputro,Sumaryo.2006.JurnalPengembanganMasyarakatIslamVolume2 : ImplementasiPartisipatoryRuralAppraisal(PRA) dalamPemberdayaan Masyarakat.

Kementrian Pertanian. 2010. Petunjuk Teknis Pemeringkatan (Rating) GapoktanPUAP menuju LKM-A.

Mulyanto.2007.PengaruhmotivasidankemampuanmanajerialTerhadapkinerja usahapedagangkakilimamenetap.

Mushero,Heroni.2011.Pemberdayaan PetaniMelaluiGabunganKelompok Tani

Nasir.2008.PengembanganDinamikaKelompokTani.

Puspadi,Ketut.2010. ModelPerilakuKerjaPenyuluhPertanian.

Setiana, Lucie. 2010. Teknik Penyuluhan danPemberdayaan Masyarakat. GhaliaIndonesia.Bogor.

Suradisastra, Kedi. 2012. Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Petani. Forum Agro-Ekonomi, Vol. 26 (2). PSE-KP. Hal. 82-91

Syahyuti.2007.Strategi danTantangandalamPengembanganGabunganKelompokTani(GAPOKTAN)sebagaiKelembagaanEkonomi di Pedesaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.