Perencanaan Tebal Perkerasaan Lentur Untuk Pelebaran Ruas Jalan Beduku – Sarlala (Sta. 17+ 750 - Sta. 22 + 750) Timor - Leste

Vitorino De Jesus, Pamela Dinar Rahma, Andy Kristafi Arifianto

Abstract


ABSTRAK

Perkerasan lentur (flexible pavement) terdiri dari lapisan-lapisan yang diletakkan pada tanah dasar. Konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement) terdiri dari empat lapisan yaitu Lapisan permukaan (surface course), Lapisan pondasi atas (base course), Lapisan pondasi bawah (subbase course), Lapisan tanah dasar (subgrade). Berdasarkan kondisi yang ada dilokasi studi,
Perencanaan Tebal Perkerasaan Lentur Untuk Pelebaran Ruas Jalan Beduku - Sarlala (Sta.17+ 750 – Sta. 22 + 750) Timor - Leste ini dimaksudkan untuk menunjang perekonomian, social, budaya dan keamanan untuk daerah-daerah yang tingkat pelayanan lalu lintasnya sangat tinggi terutama di kawasan perkotaan perlu di bangun jalan yang mampu menampung jumlah lalu lintas yang akan melalui jalan tersebut. yang sangat perlu dan perhatikan adalah
dari segi perencanaan pembuatan jalan, baik dari segi perhitungan lapisan perkerasan maupun dari segi teknis pelaksanaan pembuatan lapisan perkerasan lentur jalan. Prasarana jalan
merupakan urat nadi kelancaran lalu lintas di darat. Lancarnya arus lalu lintas akan sangat mendukung perkembangan ekonomi daerah seperti kabupaten Aileu khususnya pada jalan Beduku – Sarlala yang menhubungkan beberapa kabupaten. Penelitian dilaksanakan di Desa Beduku Kecamatan Dare kabupaten Aileu Timor-Leste, pada bulan april 2016. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Bina Margadapat diperoleh susunan tebal perkerasan terdiri dari pondasi bawah (SubBase) tebal 8 cm dengan agregat kelas B, pondasi atas (Base Course) tebal 20 cm dengan agregat kelas A, lapisan permukaan (Surface) 5 cm Laston. Untuk menjaga agar tidak terjadi retak pada tubuh jalan maka dihimbau kepada masyarakat agar tidak memotong pohon.

Kata kunci : Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur untuk Pelebaran Ruas Jalan.

ABSTRACT

Flexible pavement consists of layers placed on the ground. Flexible pavement construction consists of four layers: Surface course, base course, Subbase course, Subgrade layer.Based on the existing conditions of the study location, Planning of Bonded Thickness for the Widening of Beduku - Sarlala (Sta 17 + 750 - Sta 22 + 750) East Timor is intended to support the economy, social, culture and security for the The level of traffic services is very high, especially in urban areas need to be built roads that can accommodate the amount of traffic going through the road. Which is very necessary and note is in terms of road planning planning, both in terms of calculation of pavement layer and from the technical aspect of the implementation of the pavement layer bending road.Road infrastructure is the pulse of traffic smoothness on land. The current flow of traffic will greatly support the development of regional economies such as Aileu district, especially in Beduku - Sarlala road that connects several districts. The study was conducted in Beduku Village Dare Aileu district of Timor-Leste, in april 2016.The method used in this study is the Bina Marga method can be obtained from the thickness of the pavement composed of the bottom of the base (Sub Base) 8 cm thick with class B aggregate, Base Course 20 cm thick with class A aggregate, surface layer (Surface) 5 cm Laston. To keep from cracking in the body of the road, it is suggested to the community not to cut the tree.

Keywords: Planning of Bending Pavement Thickness for Widening of Road.

Full Text:

PDF

References


Departemen PekerjaanUmum,Direktorat Jendral Bina Marga,Petunjuk Pelaksanaan Laburan Aspal Satu Lapis (Burtu),08/PT/B/1983.

Sukirman, Silva,1992. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung,Penerbit Nova.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, Pengaspalan, Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum SKBI 2.3.26.1987, UDC.625.73(02),SNI 1732-1989-F,Yayasan Badan Penerbitan P.U, “Petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisa komponen Jakarta, Oktober, 1987.

Sukirman, S.,Perkerasan Lentur Jalan Raya, (1993).

Republica Democratica de Timor-Leste Project Management Unit- Ministry Of Public Works, Rehabilitation and maintenance of Dili Beduku – Sarlala

Aileu Raod, Road Network Up grading Project , Test Report on The California Bearing Ration , Test Method : AASHTO T 193-99


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2018 eUREKA : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Sipil dan Teknik Kimia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats