Perencanaan Tebal Lapisan Tambahan (Overlay) Pada Ruas Jalan Wagir Wonosari Pakisaji Kabupaten Malang (Sta.0+000 – Sta.0+700)

Umbu Bernard da Silva, Andy Kristafi Arifianto, Pamela Dinar Rahma

Abstract


ABSTRAK

Perkerasan jalan adalah suatu sistem yang terdiri dari beberapa lapis material yang diletakkan pada tanah-dasar (subgrade). konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement) terdiri dari empat lapisan yaitu lapisan permukaan (surface course), lapisan pondasi atas (base course), Lapisan pondasi bawah (subbase course), lapisan tanah dasar (subgrade). tujuan utama dari dibangunnya perkerasan adalah untuk memberikan permukaan yang rata dengan kekesatan tertentu, dengan umur layanan cukup panjang, serta pemeliharaan yang minimum. untuk kelancaran tersebut maka dilakukan perkerasan. Perkerasan jalan ini sepanjang 700 m dengan lebar rata-rata 5 m. dalam penelitian ini penulis membahas proses perencanaan perhitungan tebal lapisan tambahan (overlay) dengan menggunakan metode analisa komponen dari dinas Pekerjaan Umum, berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh susunan tebal lapisan tambahan (overlay) terdiri dari pondasi bawah (SubBase) tebal 20 cm, pondasi atas (Base Course) tebal 10 cm, lapisan lama permukaan (Surface) 5 cm. dan diperoleh bahwa lapisan permukaan tambahan (overlay) setebal 6 cm jenis Aspal macadam dengan umur rencana 10 tahun dan tingkat pertumbuhan lalu lintas diperoleh sebesar 1,5 % per tahun.

Kata kunci ; jalan ; lapis tambah ; biaya siklus hidup.

ABSTRACT

Roughness of the road is a system composed of several layers of material that is placed on the land-base (subgrade). construction of elastic roughness (flexible pavement) consists of four layers, namely the surface layer (surface course), the upper layers of the foundation (base course), a layer of foundation bottom (subbase course), the basic soil layer (subgrade). the main objective of the building of roughness is to provide a flat surface with skid resistance, with fairly long service lifespan, as well as minimum maintenance. to smooth the roughness is done. this road roughness along 700 m with an average width of 7 m in this study the author discusses the planning process calculation of thick layer (overlay) by using a method of analysis of the components of the Department of public works, based on the results of the calculation, obtained the order of thick layer (overlay) consists of the SubBase 20 cm thick, Base Course 10 cm thick, long layer surface (Surface) 5 cm. And obtained that the surface layer (overlay) approx 6 cm type of asphalt macadam with age plan 10 year and the growth rate of traffic gained 1,5 % per year

Keywords ; Road ; Overlay; Life Cycle Cost.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum SKBI 2.3.26.1987. Yayasan BadanPenerbitan P.U, “Petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisa komponen Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum,Direktorat Jendral Bina Marga,Petunjuk Pelaksanaan Laburan Aspal Satu Lapis (Burtu),08/PT/B/1983.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, Pengaspalan, Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Badan Penerbit PT. Mediatama Saptakarya, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Jalan, Pedoman Sederhana Pembangunan Prasarana Jalan.

Sukirman, Silva.1992. Perkererasan Lentur Jalan Raya. Bandung. Nova.

Sukirman, S., Perkerasan Lentur Jalan Raya, (1993).

Silva Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova.

Muhammad Nur Aziz & Nurhayati Junaedi, Analisis Dan Perhitungan (Rigid Pavement) Dengan Dan Tanpa Serat Polypropylene Berdasarkan Uji Laboratorium

Alif Setyo Ismoyo, Vita Oktaviana, Perencanaan Peningkatan Jalan MagelangKeprekan ”Improvement Design of Magelang-Keprekan Road”

Ibnu Hidajat P.J., Optimasi Penggunaan Alat Berat Dilihat Dari Waktu Dan Biaya Pada tanggal 14 Januari 2009 Malang.

Syafriani1, Ir. Joni Harianto2., Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Sei Rakyat – Labuhan Bilik – Sei Berombang Kecamatan Panai Tengah – Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu.

Departemen Pekerjaan Umum 1983, Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan Dengan Alat Benkelman Beam No. 01/MN/B/1983, , Jakarta. 34 hlm.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang, “ Kabupaten Malang Dalam Angka 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 eUREKA : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Sipil dan Teknik Kimia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats