STUDI PERENCANAAN GEOMETRIK SIMPANG TIGA JALAN MT. HARYONO - JALAN GAJAYANA KOTA MALANG

MOSES RIKARDUS WEO SETO, Esti Widodo, Andi Kristafi Arifianto

Abstract


Junction walke MT Haryono-Jalan Gajayana is connective intersection of
Unlucky Sub-Province and this Town Stone intersection also represent one of the road; street go to Unlucky downtown and Stone downtown. This Junction connect some college, some big shopping centre and school in unlucky town. Therefore hence activity of traffic in junction walke MT Haryono-Jalan Gajayana pertained high and often happened jam of lalulintas in this intersection. This research is done/conducted to know service storey; level and planning of geometrik in junction walke Unlucky MT Haryono-Jalan Gajayan Town. Research done/conducted to overcome the problem of jam which often happened the the intersection and also can be used by recommendation as able to be utilized strategically for the decision making of planning and also operational later on day.
From result of got by survey is clock culminate volume of traffic happened at 00:90 until clock 10:00 with volume of lalulintas 9619 smp/clock result and got by capacities walke 1952,802 smp/clock, vehicle average speed 98,432 m/second, degree of saturation 4,93 smp/clock with storey; level service of class road;street of D, that is condition of lalulintas which [do] not stabill with volume of traffic high and speed still [in] tolerating and influence with speed of vehicle 60 km/clock and volume of lalulintas tired 85%.

Keyword: Geometrik Junction, Traffic, Storey; Level Service.

ABSTRAK

Simpang tiga jalan MT Haryono-jalan Gajayana adalah persimpangan yang
menghubungkan Kabupaten Malang dan Kota Batu persimpangan ini juga merupakan salah satu jalan menuju pusat Kota Malang dan pusat Kota Batu. Simpang tiga ini menghubungkan beberapa perguruan tinggi, beberapa sekolah dan pusat perbelanjaan besar di kota malang. Oleh karena itumaka kegiatan lalu lintas di simpang tiga jalan MT Haryono-jalan Gajayana tergolong tinggi dan sering terjadi kemacetan lalu lintas di persimpangan ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pelayanan dan perencanaan geometrik di simpang tiga jalan MT Haryono-jalan GajayanKota Malang. Penelitian dilakukan untuk menanggulangi masalah kemacetan yang sering terjadi persimpangan tersebut dan selaligus bisa digunakan segagai rekomendasi yang dapat dipergunakan secara strategis untuk pengambilan keputusan operasional maupun
perencanaan di kemudian hari. Dari hasil suvey yang didapat jam puncak volume lalulintas terjadi pada jam 00:90 sampai jam 10:00 dengan volume lalulintas 9619 smp/jam dan hasil alalisa didapatkan kapasitas jalan 1952,802 smp/jam, kecepatan rata-rata kendaraan 98,432 m/det, derajat kejenuhan 4,93 smp/jam dengan tingkat pelayanan jalan kelas D, yaitu
kondisi lalulintas yang tidak stabill dengan volume lalulintas tinggi dan kecepatan masih di tolerir dan sangat perpengaruh dengan kecepatan kendaraan 60 km/jam dan volume lalulintas mencapai 85%.

Kata kunci : Geometrik Simpang Tiga, Lalulintas, Tingkat Pelayanan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 eUREKA



eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats