Perencanaan Lapisan Tebal Perkerasan Lentur Dan Rencana Anggaran Biaya Pada Pelebaran Jalan, Tibar – Gleno Ermera (Sta. 14 + 0,080 – Sta. 19 + 080) Timor - Leste.

Arnaldo Correia Exposto, Esti Widodo, Andi Kristafi Arifianto

Abstract


Flexible pavement consists of layers placed on the subgrade. these layers serve to receive traffic load and pass it to the layer below. Construction of flexible pavement consists of four layers, namely the surface layer, the top layer of foundation, sub-base layer, subgrade layer. Under the existing conditions in the study area, Planning and Flexible Pavement Layer Thickness Budget Plan On Widening Road, Tibar - Gleno Ermera (Sta. 14 + 0.080 - Sta. 19 + 080) is intended to support economic growth with increasing demand often means transportation can transport launched in Tibar-Ermera and development capacity and quantity of vehicles that connect the Ermera Tibar-limited source of funds for the construction of roads and not optimal operation of existing traffic infrastructure, the main issue in Tibar-ErmeraTimor-Leste. The experiment was conducted in the village Tibar Bazartete District of Liquica district of Timor-Leste, in August 2014. The method used in this study is the method of Highways pavement thickness can be obtained arrangement consists of a sub-base 7 cm thick with the aggregate class B, the foundation upon thick 15 cm with the aggregate class A, the surface layer 5 cm Laston and has a budget for flexible pavements for $$ 1.665.800.00. To keep the body does not cause cracks in the road then urged the public not to cut the trees in the surrounding streets and routine maintenance held by the relevant agencies and the public.

Keywords: Analysis of Thickness , Pavement Bending, Budget Plan


ABSTRAK

Perkerasan lentur (flexiblepavement) terdiri dari lapisan-lapisan yang di letakkan pada tanah dasar. lapisan-lapisan tersebut berfungsi untuk menerima beban lalu lintas dan menyebarkannya ke lapisan di bawahnya. Konstruksi perkerasan lentur (flexiblepavement) terdiri dari empat lapisan yaitu Lapisan permukaan (surface course), Lapisan pondasi atas (base course), Lapisan pondasi bawah (subbase course), Lapisan tanah dasar (subgrade). Berdasarkan kondisi yang ada dilokasi studi, Perencanaan Lapisan Tebal Perkerasan Lentur dan Rencana Anggaran Biaya Pada Pelebaran Jalan, Tibar – Gleno Ermera (Sta. 14 + 0,080 – Sta. 19 + 080) ini dimaksudkan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi sering dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi yang dapat melancarkan transportasi di Tibar-Ermera dan Perkembangan kapasitas maupun kwantitas kendaraan yang menghubungkan Tibar-Ermera terbatasnya sumber dana untuk pembangunan jalan raya serta belum optimalnya pengoperasian prasarana lalu lintas yang ada, merupakan persoalan yang utama di Tibar-ErmeraTimor-Leste. Penelitian dilaksanakan di Desa Tibar Kecamatan Bazartete Kabupaten Liquica Timor-Leste, pada bulan Agustus 2014. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Bina Marga dapat di peroleh susunan tebal perkerasan terdiri dari pondasi bawah (Sub Base) tebal 7 cm dengan agregat kelas B, pondasi atas (Base Course) tebal 15 cm dengan agregat kelas A, lapisan permukaan (Surface) 5 cm Laston dan memiliki anggaran biaya untuk perkerasan lentur sebesar $$ 1.665.800.00. Untuk menjaga agar tidak terjadi retak pada tubuh jalan maka dihimbau kepada masyarakat agar tidak memotong pohon yang ada di sekitar jalan dan mengadakan pemeliharaan secara rutin oleh dinas terkait dan juga masyarakat.

Kata kunci : Analisis Teba,l Perkerasan Lentur, Rencana Anggaran Biaya

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum SKBI 2.3.26.1987, UDC.625.73(02),SNI 1732- 1989-F,Yayasan Badan Penerbitan P.U, Oktober, 1987 “Petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisa komponen di Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, 08/PT/B/1983,Petunjuk Pelaksanaan Laburan Aspal Satu Lapis (Burtu).

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, Pengaspalan, Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Badan Penerbit Pt.Mediatama Saptakarya, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Jalan, Pedoman Sederhana Pemembangunan Prasarana Jalan .

Timor-Leste Em Números Timor-Leste In Figures 2013

Nilai Mata Uang Dolar Berdasarkan Dolar Amerika Serikat

Republica Democratica de Timor-Leste Project Management Unit- Ministry Of Public Works, Rehabilitation and maintenance of Dili – Tibar – Liquica Raod, Road Network Upgrading Project , Test Report on The California Bearing Ration , Test Method : AASHTO T 193-99

Badan Penerbit Kementrian Pekerjaan Umum, Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Jakarta 20 Nopember 2012.

Sukirman, Silva.1992. Perkererasan Lentur Jalan Raya. Bandung. Nova.

Sukirman, S., Perkerasan Lentur Jalan Raya, (1993).

Silva Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova.

Muhammad Nur Aziz & Nurhayati Junaedi , Analisis Dan Perhitungan (Rigid Pavement) Dengan Dan Tanpa Serat Polypropylene Berdasarkan Uji Laboratorium

Alif Setyo Ismoyo, Vita Oktaviana, Perencanaan Peningkatan Jalan Magelang-Keprekan ”Improvement Design of Magelang-Keprekan Road”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 eUREKA



eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats