STUDI PERBAIKAN JALAN TAYAN – SOSOK KABUPATEN SANGGAU MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU ( RIGID PAVEMENT )

Wenni Feronika, esti widodo

Abstract


With the increasing demand for transportation, the growth in traffic flow also increased. The road of Tayan - Sosok is the Collector road that connects between the Province and District. As a result of over load that crosses the road, no drainage, and the high rainfall cause the beginning pavement use flexible pavement could no longer withstand the load of vehicle traffic. To overcome this, the road of Tayan - Sosok will be planned using rigid pavement. This thesis aims to review the concrete slab thickness based on the load and the number of commercial vehicles passing above it during the age of the plan. Based on NAASRA, 1987 method, Writer tries to analyze starting from the daily average traffic data, the traffic growth and the type of commercial vehicle with the number, load, and the configuration of the axis of the commercial vehicle that will pass the lane of plan. Planning is based on the total fatigue (the time of fatigue of concrete slab/plate due to repeated load) close to or equal to 100%. After analysis using planning graph for STRT, STRG, and SGRG
from NAASRA, 1987, it is known the thickness of pavement that is ideal for this rigid pavement is 180 mm with dowel planned, with the hope can easily fix it if one day there is damage in a point on the lane plan due to overload. This review intends to apply the knowledge that the author get in the college.

Keywords: Road Improvement, Rigid Pavement

ABSTRAK

Dengan meningkatnya kebutuhan akan sarana transportasi maka pertumbuhan arus lalu-lintas juga mengalami peningkatan. Pada jalan raya Tayan – Sosok ini merupakan jalan Kolektor yang menghubungkan antara Provinsi dan Kabupaten. Akibat dari besarnya beban yang melintasi jalan tersebut, tidak adanya drainase, dan curah hujannya tinggi sehingga mengakibatkan perkerasan yang semula memakai perkerasan lentur sudah tidak sanggup lagi menahan beban lalu-lintas kendaraan. Untuk mengatasi hal ini maka jalan Tayan – Sosok tersebut akan direncanakan
menggunakan perkerasan kaku. Tugas akhir ini bertujuan untuk meninjau tebal pelat beton berdasarkan beban dan jumlah kendaraan niaga yang melintas diatasnya selama usia rencana. Berdasarkan Metoda NAASRA, 1987 Penulis mencoba menganalisa mulai dari data lalu-lintas harian rata-rata, pertumbuhan lalu-lintas, dan jenis kendaraan niaga beserta jumlah, beban, dan kongfigurasi sumbu dari kendraan niaga yang akan melewati lajur rencana. Perencanaan didasarkan pada total fatigue ( masa kelelahan pelat beton akibat beban berulang) mendekati atau sama dengan 100 %. Setelah dilakukan analisa dengan menggunakan grafik perencanaan untuk STRT,STRG, dan SGRG dari NAASRA,1987, maka diketahui tebal perkerasan yang ideal untuk perkerasan kaku ini yaitu 180 mm yang direncanakan dengan dowel, dengan harapan dapat dengan mudah memperbaikinya apabila suatu saat terjadi kerusakan di suatu titik pada lajur rencana akibat kebihan muatan. Tinjauan ini bermaksud untuk menerapkan ilmu yang penulis dapat di bangku perkuliahan.

Kata kunci : Perbaikan Jalan, Perkerasan Kaku.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, W. 2009. Perencanaan Pelapisan Tambah Pada Perkerasan Kaku Berdasarkan Metode Bina Marga Dan Aashto (Studi Litelatur).

Aly, M.A., 2007. Pengertian Dasar dan Informasi Umum Tentang Beban Konstruksi Perkerasan Jalan. Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen. Jakarta Barat.

Aly, M.A. 2004. Teknologi Perkerasan Jalan Beton Semen. Yayasan

Pengembang Teknologi dan Manajemen. Jakarta Barat.

H. Oglesby Clarkson, R. Gary Hicks. 1999. Teknik Jalan Raya. Erlangga. Jakarta.

Hardiyatmo, H.C. 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada

University Press, Yogyakarta.

Nikmah, A. 2013. Tugas Akhir Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid

Pavement) Jalan Purwodadi – Kudus Ruas 198. Semarang.

Hendarsin. S. L, 2008. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Politeknik Negeri

Bandung.

Khisty C. Jotin, B kent Lall. Dasar – dasar Rekayasa Transfortasi.

Erlangga.

NAASRA (1987), Pavement Design – A Guide To The Structural Design Of Road Pavement, New South Wales.

Nurdin. M, ir. Surahmad, N. 2009. Evaluasi Tikungan Di Ruas Jalan Dekso – Samigaluh, Kabupaten Kulon Projo. http: //eprints. uny. ac. Id /10019/1

/JURNAL % 20TEKNIK % 20SIPIL.pdf. ( di akses tanggal 15 mei 2014 ).

Nur, A, M, Haryati, J. Analisis Penambahan Serat Polypropylene Pada ( Rigid Pavement ). http: //eprints. undip. ac. Id / 33829 / 61625_chapter_II. pdf.

Paulus B, G. 2012. Studi Perencanaan Perkerasan Kaku ( Rigid

Pavement ) Pada Ruas Jalan Tumpak Rejo Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang.

Sukirman, S. (1992). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Penerbit

Nova. Bandung.

Suryawan, A. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement) Perencanaan Metode AASHTO. Yogyakarta. Beta Offset.

Wignall. A, S. Kedrick. P, Ancil. R, Copson. M. 2003. Proyek Jalan. Erlangga. Jakarta.

Waluyo, R, Nuswantoro. W, Lendra. 2008. Studi perbandingan biaya konstruksi Perkerasan kaku dan perkerasan lentur. http: //kartusukses. blogspot. com/2012/12/cara-menghitung-volume-dan-rab-jalan-paving.

html. (Volume 9 No. 1, Oktober 2 2008 : 1 – 10 ).

Wahid, A. 2009. Perencanaan Pelapisan Tambah Pada Perkerasan Kaku Berdasarkan Metode Binamarga Dan Aashito ( Study Literature ). Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 eUREKA



eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats