STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN AEGELA-DANGA

Yeremias Pau Ara, esti widodo, andi kristafi arifianto

Abstract


Excellence use rigid pavement construction (rigid pavement) as highway
constructionis the construction of age in terms of longer compared with flexible pavement construction to widen the road to create an atmosphere that is safe, smooth, precise and efficient, and economical. In the body of the soil improvement Aegela-Danga taken soil data on the location of such damage. Among others Boring field investigations and surveys the field then further investigation laboratory, such as: CBR (California Bearing Ratio) Test. Calculation results showed Nasraa Planning rigid pavement (rigid pavement) using a type of cement concrete pavement continued with
reinforcement and concrete used for the upper structure is K-350 with a thickness of 18 cm, adjusted to the pavement thickness design calculations while using a thin concrete foundation under concrete quality K-125 with a thickness of 10 cm. Based on the calculation of the Road Segment LHR 2013 Aegela-Danga including local roads III class roads secondary type II.

Keywords: Planning Overview Rigid Pavement

ABSTRAK

Keunggulan penggunaan konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement)
sebagai konstruksi jalan raya adalah dari segi umur konstruksi yang lebih lama dibandingkan dengan konstruksi perkerasan lentur sehingga pelebaran jalan tercipta suasana yang aman, lancar, tepat dan efisien serta ekonomis. Pada perbaikan tanah tubuh jalan Aegela-Danga diambil data tanah pada lokasi yang terkena kerusakan. Penyelidikan lapangan Antara lain Boring dan Survey dilapangan kemudian penyelidikan lebih lanjut dilaboratorium, berupa : C.B.R (California Bearing Ratio) Test .
Hasil Perhitungan Nasraa menunjukan Perencanaan perkerasan kaku (rigid
pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan dan Beton yang digunakan untuk struktur atas adalah K-350 dengan ketebalan 18 cm, disesuaikan dengan perhitungan perencanaan tebal perkerasan sedangkan untuk Pondasi bawah beton kurus menggunakan beton mutu K-125 dengan ketebalan 10 cm. Berdasarkan perhitungan LHR 2013 Jalan Ruas Aegela-Danga termasuk jalan kelas III jalan lokal sekunder tipe II.

Kata Kunci : Tinjauan Perencanaan Perkerasan Kaku

Full Text:

PDF

References


Anonim 2005, Panduan Kuliah Perencanaan Geometrik Jalan

Raya, Semarang: Fakultas Teknik Jurusan Sipil, UNDIP.

Aly, M. A. (1998). Pengamatan dan Evaluasi Pelaksanaan Jalan Beton

Semen, di Indonesia Periode 1985-1988. Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Aly, M.A., 2004, Teknologi Perkerasan Jalan Beton Semen, Yayasan

Pengembang Teknologi dan Manajemen, Jakarta

Direktorat Jenderal Bina Marga, (1995). Bahan Pembekalan Sertifikasi

Tenaga Inti Konsultan Supervisi, Modul V – Buku 3. Departemen

Pekerjaan Umum, Jakarta.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Pelaksanaan Perkerasan

Jalan Beton Semen, 2002.

Huang, Y. H. 1993. Pavement Analysis and Design. Prentice-Hall,

Engelwood Cliffs, NJ.

Jasa Marga, P.T. (Persero), (2004). Spesifikasi Umum. Tanpa Penerbit.

Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, Jakarta, 2004.

Suryawan, A. (2005). Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid

Pavement), Penerbit Beta Offset, Jakarta.

Sukirman, Silvia. 2003. Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta : Granit

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Departemen

Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, Jalan No

/T/BM/1997, 1997.

Wahid Ahmad, (2009). Perencanaan Pelapisan Tambah Pada Perkerasan Kaku Berdasarkan Metode Bina Marga Dan Aashto. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara,

Medan.

Watson J (1989), Pavement Managemengt for Airport, Roads, and Parking Lots 3rd edition, International Thomson Publishing, New York

Wignall Arthur, Peter S. (2003). Proyek Jalan Teori dan Praktek Edisi Keempat. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 eUREKA



eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats