Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Tambahan (Overlay) Pada Ruas Jalan Tidar Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang

BERNARDINA FATIMA AMARAL MAGNO, Nawir Rasidi, Andi Kristafi Arifianto

Abstract


The road has a lifespan of service life or the planlife. If the age of service ability has been exceeded, it is needed for an additional layer (overlay) to rejuvenate the structure pavement. Overlays are used as road maintenance to improve pavement structure which decreased. The existence of the highway is needed to support the mobility of freight and people who was crossing the road, which is growing requirement for leveled against transportation to Karangbesuki village. Based on the conditions of location studies, the planning of supplement pavement layer thickness (Overlay) on the Road Section of Karangbesuki village is intended to support economic growth with increasing demand of transport means that can be launched transport in the Karangbesuki Village and development capacity and quantity of vehicles which is connecting the Karangbesuki village, limited sources of funding for highway construction and operation of the traffic infrastructure is not optimal are the main issue in the Karangbesuki Village, Malang. Research conducted in the Karangbesuki Village on June 2015. This study can be obtained arrangement pavement thickness consisting of a subbase (Sub Base) thick 20 cm, 15 cm thick of foundation above, the surface layer of pavement layers 3 cm long and additional layer of Asphalt Macadam. To keep against cracks on highway body encouraged to the public, in onder to not throw away the frash in the side of highway, so causing cracks in the road body and hold regular maintenance by the related department and the public.

Keywords: Layer Thickness, Supplement Pavement (Overlay), Karangbesuki Village

ABSTRAK

Jalan memiliki umur layan atau umur rencana. Jika umur layan telah terlampaui, maka perlu adanya suatu lapisan tambahan (overlay) untuk meremajakan struktur perkerasan. Overlay digunakan sebagai pemeliharaan jalan untuk meningkatkan struktur perkerasan sudah menurun. Keberadaan jalan raya sangat di perlukan untuk menunjang mobilitas angkutan barang dan manusia yang melintasi pada jalan tersebut sering meningkatnya kebutuhan sarana transportasi yang dapat melancarkan transportasi di kelurahan karangbesuki. Berdasarkan kondisi yang ada dilokasi studi, Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Tambahan (Overlay) Pada Ruas Jalan Tidar Kelurahan Karangbesuki, ini dimaksudkan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi sering dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi yang dapat melancarkan transportasi di Kelurahan Karangbesuki dan Perkembangan kapasitas maupun kwantitas kendaraan yang menghubungkan Kelurahan Karangbesuki terbatasnya sumber dana untuk pembangunan jalan raya serta belum optimalnya pengoperasian prasarana lalu lintas yang ada, merupakan persoalan yang utama di Kelurahan Karangbesuki, Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Karangbesuki, pada bulan Juni 2015. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Bina Marga dapat di peroleh susunan tebal perkerasan terdiri dari pondasi bawah (Sub Base) tebal 20 cm, pondasi atas tebal 15 cm, lapisan permukaan 3 cm lapisan perkerasan lama dan Aspal Macadam lapisan tambaha 2 cm. Untuk menjaga agar tidak terjadi retak pada tubuh jalan maka dihimbau kepada masyarakat agar tidak menbuan kotoran pada saluran yang ada di sisi kiri kanan jalan akibat banjir sehingga menyebabakan retak pada tubuh jalan dan mengadakan pemeliharaan secara rutin oleh dinas terkait dan juga masyarakat.

Kata kunci : Perencanaan Tebal, Lapisan Perkerasan Tambahan (Overlay)

Full Text:

PDF

References


Sukirman, S.1992. pekerjaan lentur jalan raya.bandung.Nova

Departemen pekerjaan umum SKBI 2.3.26.1987, UDC.625.73(02),SNI 1732-1989-F, Yayasan badan penerbitan P.U, “petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisa komponen Jakarta,oktober,1987

Departemen pekerjaan umum,Direktorat Jenderal Bima Marga,petunjuk pelaksaan laburan aspal satu lapis (Burtu),08/PT/B/1983.

Departemen pekerjaan umum, Direktorat Jenderal Bina marga,pengaspalan,badan penerbit pekerjaan umum.

Badan penerbitan PT. Mediatama Saptakarya, pusat penelitian dan pengembangan jalan, Pedoman sederhana pemembangunan prasarana jalan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 eUREKA



eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats