HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK UMUR 4-6 TAHUN DI TK SUNAN GIRI MERJOSARI MALANG

Paulo Lopes, Farida Halis Dyah Kusuma, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Pola makan yang teratur merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses pertumbuhan. kebutuhan gizi yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, air, apabila kebutuhan tersebut tidak atau kurang terpenuhi maka dapat menghambat perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola makan dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di TK Sunan Giri Merjosari. Desain penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Sunan Giri Merjosari Malang yang berjumlah 105 orang anak. Sampel penelitian ini adalah 20 anak di TK Sunan Giri Merjosari. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah korelasi Rank Spearman yaitu untuk menentukan hubungan dua gejala yang kedua-duanya merupakan skala variabel ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Hampir seluruh responden yaitu sebanyak 15 responden (75%) memiliki pola makan teratur, sebanyak 4 responden (20%) memiliki pola makan tidak teratur, dan sebanyak 1 responden (5%) memiliki pola makan tidak teratur, 2). Hampir seluruh responden yaitu sebanyak 16 responden (80%) mengalami perkembangan normal, 2 responden (10%) mengalami perkembangan suspect, dan 2 responden (10%) mengalami perkembangan untestable, dan 3) nilai rho y = 0,633 dan rtabel = 0,359 atau rho y > rtabel (0,633 > 0,359) sehingga ada hubungan pola makan dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di Tk Sunan Giri Merjosari Malang. Hasil penelitian hampir seluruh responden memiliki pola makan teratur, hampir seluruh responden mengalami perkembangan normal, ada hubungan pola makan dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di TK Sunan Giri Merjosari Malang.


ABSTRACT

Eat system that arranged is one of the important component in course of growth. Nutrient need that need to like protein, carbohydrate, fat, mineral, vitamin, water, when does need not or less be fulfilled so can retard the development. This research aim is todetect the connection of eat system with children development of age 4-6 year at TK Sunan Giri Merjosari. This research design is descriptive correlational. Population in this research is entire children at TK Sunan Giri Merjosari Malang that numbers of 105 children. This research sample is 20 children at tk sunan giri merjosari. Data analysis technique that worn in this research is correlation rank spearman that is to determines about the connection of two phenomenons that are ordinal variable scale. Research result shows that: 1). Almost entire respondents that is as much as 15 respondents (75%) who has regular eat system, as much as 4 respondents (20%) who has not arrange of eat system, and as much as 1 respondent (5%) who has not arrange of eats system, 2). Almost entire respondents that is as much as 16 respondents (80%) experiences normal development, 2 respondents (10%) experiences of suspect development, and 2 respondents (10%) experiences of untestable development, and 3) value rho y = 0.633 and rtable = 0.359 or rho y > rtable (0.633 > 0.359) so that there is the connection of eat system with children development of age 4-6 years old at TK Sunan Giri Merjosari Malang. Conclusion in this research is almost entire has regular of eat system, almost entire respondents has experiences of normal development, and there is connection of eat system with children development of age 4-6 years old at tk sunan giri Merjosari Malang.

Keywords : Children aged 4-6 years; child development; dietary habit.

Keywords

Anak usia 4-6 tahun; perkembangan anak; pola makan.

Full Text:

PDF

References

Khomsan, Ali 2002. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Sediaoetama, Achmad Djaeni. 2004. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi. Edisi kelima. Jakarta : Dian Rakyat.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2001. Program Badan Litbangkes Tahun 2001.

Depdiknas. 2001 Kurikulum Berbasis. Kompetensi Kebijaksanaan. Umum.Jakarta:Puskurbalitbang.

Karyadi 1989. Study Nutrional Anemia an Assment of Information. Compilation For Supporting and Formulating Policy and Program. Jakarta: Direktorat Bina Gizi .

Kumar. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta

Karyadi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Maj Kedokt Indon, Maj Kedokt Indon, Volum: 57, Nomor: 2, Pebruari 2007

Merdalis, 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen kesehatan RI. 1998. Beberapa Segi Pemeliharaan, Perawatan Bayi dan Anak. Buku 1. Jakarta: Suryabrata.

Savitri, L. 2002. kategorikan kekurangan gizi . “Silent Emergency”. UNICEF. Jakarta: SALEMBA MEDIKA.

Soertjinigsih. 2005. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Soedibyo S, Firmansyah A, Djer MM. Prevalence and influencing factors of obesity in elementary school pupils. Pediatric Indonesia 1998;38:193-204.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.