HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN MERJOSARI 02 KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Beci Yomima Sainyakit, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Pola asuh keluarga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Setiap keluarga biasanya memiliki pola asuh terhadap anak yang berbeda-beda dan usia sekolah 6 sampai 11 tahun dunia sosial anak meluas keluar dari dunia keluarga, anak bergaul dengan teman sebaya, guru, dan orang dewasa lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar anak sekolah dasar. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan satu kali pengamatan pada rentang waktu tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 43 anak dan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling yang berarti seluruh siswa kelas 5 di SDN Merjosari 02 Malang. Instrumen yang di gunakan adalah kuisioner dan data laporan hasil studi siswa. Metode analisa data yang digunakan adalah uji Spearman Rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (55,8%) pola asuh orangtua yang demokratis menyebabkan prestasi belajar anak dengan kategori baik. Berdasarkan uji spearman rank p-value < α, yaitu 0,000 < 0,05 artinya ada hubungan pola asuh orangtua dan prestasi belajar pada anak di SDN Merjosari 02 Malang. Disarankan kepada sekolah untuk lebih meningkatkan pembinaan dan konseling kepada orangtua tentang pola asuh yang baik.

ABSTRACT

Family parenting is very influential on children's learning achievement. Every family usually has a different pattern of care for children and the school age of 6 to 11 years the social world of children extends out from the family world, children associate with peers, teachers, and other adults. The purpose of the study was to determine the relationship of parenting parents with learning achievement of elementary school children. The design of this study uses a correlational research design with one observation at a certain time span. The population in this study were all students totaling 43 children and the sample in this study used Total Sampling, which means all students in grade 5 at SDN Merjosari 02 Malang. The instruments used were questionnaires and student study report data. The data analysis method used is the Spearman Rank test using SPSS. The results showed that most (55.8%) parenting parents who democratically led to children's learning with good categories. Based on the Spearman rank test p-value <α, which is 0.000 <0.05 means that there is a relationship between parenting and learning achievement in children at SDN Merjosari 02 Malang. It is recommended to schools to further improve guidance and counseling to parents about good parenting.

Keywords : School age children; parenting parenting; learning achievement.

Keywords

Anak usia sekolah; pola asuh orang tua; prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A & Widodo, S. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S . 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Chaplin, J, P. 2002. Buku Kamus Lengkap Psikologi(K.Kartono, penerj.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Edward, D, C. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur : Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung : PT. Mizan Utama.

Fathi, B. 2010. Memahami Bahasa Bayi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Gunarsa, S, D & Y. Gunarsa, S. 2002. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Balai Pustaka,

Hidayat, A. A. 2005. Pengantar ilmu keperawatan anak 1. Jakarta: Salemba Medika.

Husdarta dan Nurlan, K. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta didik (olahraga &kesehatan). Bandung: Alfabeta.

Mardiya. 2000. Kiat-kiat Khusus Membangun Keluarga Sejahtera. Jakarta: BKKBN Pusat.

Nursalam. 2008. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Prayitno & Basa. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratih Fatma Ardini. 2012. Psikologi Umum I. Teori Perkembangan Jean Piaget & Erik Erikson (http://ratih-f-a-fpsi05.web.unair.ac.id/artikel_detail-43566-PsikologiUmumI-TEORIPERKEMBANGANJEANPIAGET&ERIKERIKSON.html. diakses tanggal 14 September 2014.

Rimm, S. 2003. Mendidik dan menerapkan disiplin pada anak prasekolah. Alih bahasa:Lina Yusuf. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Santrock, J, W. 2007 . Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Sudjana, N . 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Sunarti, E. 2004. Mengasuh Dengan Hati Tantangan yang Menyenangkan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.

Wong, D, L. 2008. Kinerja : Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Ed. 6. Jakarta: EGC

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.