HUBUNGAN RESPONSE TIME DENGAN KEPUASAN KELUARGA PADA PASIEN PRIORITAS II NONTRAUMA DI IGD RSUD BANGIL PASURUAN

Wayan Supi Andila, Vita Maryah Ardiyani, Dudella Desnani Firman Yasin

Abstract


Kepuasan keluarga ditentukan oleh pelayanan yang diperoleh dari tenaga kesehatan salah satunya adalah response time cepat dan mendapatkan penanganan yang tepat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan response time dengan kepuasan keluarga pada pasien prioritas II non trauma di IGD RSUD Bangil Pasuruan. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu pasien prioritas II non trauma sebanyak 184 responden dengan penentuan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 126 responden. Instrumen yang digunakan yaitu stopwatch untuk response time dan untuk kepuasan keluarga diperoleh dengan memberikan kuesioner. Analisis yang digunakan chi-square dengan tingkat kemaknaan 95% ɑ (0,05). Hasil penelitian didapatkan sebagian besar response time cepat yaitu sebanyak 91 responden (72,2%), sedangkan untuk kepuasan keluarga pasien prioritas II non trauma sebagian besar mengatakan puas yaitu 65 responden (51,6%), sedangkan hasil uji chi-square diperoleh p-value = 0,016<0,05 sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan anatara response time dengan kepuasan keluarga pada pasien prioritas II non trauma di IGD RSUD Bangil Pasuruan. Diharapkan dapat melakukukan lebih lanjut penelitiantentang response time untuk mengetahui ketepatan waktu tanggap atau ketidak berhasilan penanganan, dengan menggunakan rancangan yang berbedadengan variabel lain, cakupan responden yang lebih luas, dan lokasi penelitian yang berbeda.

ABSTRACT

Family satisfaction is determined by the services obtained from health workers, one of which is a response time fastand getting proper treatment at the Emergency Room (IGD). The purpose of this study is to determine the relationship between response time and family satisfaction in priority patients non trauma in the IGD Bangil Pasuruan Hospital. Research design using cross sectional. The population of this research is non trauma priority II patients as many as 184 respondents with the determination of the research sample using random sampling 126respondents. The instrument used is a stopwatch for response time and for family satisfaction obtained by giving a questionnaire. The analysis used chi-square with a significance level of 95% 5 (0.05). The results obtained were most response times rapid, as many as91 respondents (72.2%), while for family satisfaction of priority patients non trauma most said they were satisfied that 65 respondents (51.6%), while thetest results chi-square obtained p-value = 0.016 <0.05 so it can be concluded that there is a significant relationship between response time with family satisfaction in non-priority patients II traumatized in the Bangil Pasuruan Hospital Emergency Unit. It is hoped that it can do further research on response time to determine the timeliness of response or unsuccessful handling, using a different design with other variables, a wider range of respondents, and different research locations.

Keywords: Emergency departments; family satisfaction; priority II; response time.

Keywords


IGD; kepuasan keluarga; prioritas II; response time.

Full Text:

PDF

References


Adhytyo, D. R. 2013. Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Gaster. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10 (2), 22-32.http://www.jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/52. Diakses tanggal 18 September 2018

Alamsyiah, Dedi. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Anjaryani, W. D. 2009. Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Thesis.Universitas Diponegoro.http://eprints.undip.ac.id/23824/1/wike_diah_anjaryani.pdfDiakses tanggal 18 September 2018

Balik, M. S. Y., Hariyanto, T., & Maemunah, N. 2018. Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Di Yayasan SLB Bakti Luhur Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 3(1).https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/800. Diakses tanggal 18 September 2018

Dahliana, N.& Widaryati, W. 2015. Waktu Tanggap Perawat pada Penanganan Pasien Trauma dan Non Trauma di IGD RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi.Stikes'Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/123/.Diakses tanggal 19 September 2018

Hadi, Sutrisno. 2014. Penelitian Research. Yogyakarta: BPFE.

Igede.2012. Hubungan persepsi pasien tentang perawat IGD RSUD wates kulon Progo yogyakarta dengan kecemasan pasien di ruang IGD RSUD wates kulon Progo. Program Studi S1 keperawatan. Universitas Respati Yogyakarta.

Kristiani, Y., Sutriningsih, A., & Ardhiyani, V. M. 2015. Hubungan Waiting Time dengan Kepuasan Pasien Prioritas 3 di Instalasi Gawat Darurat RS Waluya Sawahan Malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 33-38.https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/301.Diakses tanggal 19 September 2018

Kurniasari, R. 2016. Hubungan Antara Level Emergency Severity Index (ESI) dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Sido Waras. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2), 97-106.http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40050. Diakses tanggal 26 September 2018.

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Musliha.2010. Keperawatan Gawat Darurat.Yogyakarta: Nuha Medika.

Pisu, H. D., Rompas, S., & Malara, R. 2015. Hubungan respons time perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal keperawatan, 3(2).https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/10343. Diakses tanggal 18 September 2018

Purba, D. E., Kumaat, L., & Mulyadi, N. 2015. Hubungan response time dengan kepuasan keluarga pasien gawat darurat pada triase merah di IGD Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/7451. Diakses tanggal 18 Septmber 2018

Rembet, M. A., Mulyadi, N., & Malara, R. 2015. Hubungan Response Time Perawatdengan Tingkat Kepercayaan Keluarga Pasien pada Triase Kuning (Urgent) Di Instalasi Gawat Darurat RSU Gmim Kalooran Amurang. Jurnal Keperawatan, 3(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/9597/0. Diakses tanggal 18 September 2018

Retnaningsih, D., Aini, D. N., & Yulianti, I. 2017. Kepuasan keluarga pasien di ruang ICU rumah sakit permata medika semarang. Jurnal kesmadaska, 8(1).http://jurnal.stikeskusumahusada.ac.id/index.php/JK/information/readers.Diakses tanggal 18 September 2018

Sabarguna, B. S., & Rubaya, A.K. 2011. Sanitasi Lingkungan dan Bangunan Pendukung Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jakarta: Selemba Medika.

Sutawijaya, R. B. 2009. Gawat Darurat Panduan Kesehatan Wajib Di Rumah Anda. Yogyakarta: Aulia Publishing.

Widodo, E. 2015. Hubungan response time perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan pelanggan di IGD RS. Program StudiS1 keperawatan, Stikes Kusuma Husada: Skripsi. surakarta.http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id/files/disk1/32/01-gdl-ekowidodon-1561-1-skripsi.-i.pdf. Diakses tanggal 26 September 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.