HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAAN PASIEN YANG DILAKUKAN PEMBEDAHAN ELEKTIF DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK IPHI BATU

Feri Feri, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Pelayanan komunikasi terapeutik mempunyai posisi yang strategis dalam menentukan mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit, pelayanan yang tepat dan sesuai standar akan memberikan kepuasan bagi pasien untuk menilai kinerja rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasaan pasien yang dilakukan pembedahan elektif di Rumah Sakit Ibu dan Anak IPHI Batu. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan pendekatan crosssectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 pasien dengan proses penentuan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar (66,7%) responden mendapatkan pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan baik dan sebagian besar (80,0%) responden puas terhadap pembedahan elektif, sedangkan hasil spearman rank didapatkan nilai p-value = 0,000 < α (0,05) atau H1 diterima, artinya “ada hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasaan pasien yang dilakukan pembedahan elektif di Rumah Sakit Ibu dan Anak IPHI Batu”. Dengan demikian dalam memberikan pelayanan komunikasi terapeutik maka perawat harus berpatokan pada standar keparawatan untuk menciptakan kepuasan pasien.

ABSTRACT

Therapeutic communication services have a strategic position in determining the quality of health services in hospitals, appropriate and standardized services will provide satisfaction for patients to assess hospital performance. The purpose of this study was to determine the relationship between the implementation of therapeutic communication and the level of satisfaction of patients who performed elective surgery at the IPHI Batu Mother and Child Hospital. The research design uses correlational design with a cross sectional approach. The sample in this study were 30 patients with the determination process using purposive sampling. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis method used is the Spearman rank test using SPSS. The results of the study prove that most of the (66.7%) respondents get good therapeutic communication and most (80.0%) respondents are satisfied with elective surgery, while the spearman rank results are p-value = 0.000 <α (0.05) or H1 is accepted, meaning "there is a relationship between the implementation of therapeutic communication and the level of satisfaction of patients who have elective surgery at the IPHI Batu Maternal and Child Hospital". Thus in providing therapeutic communication services, nurses must be based on nursing standards to create patient satisfaction

Keywords: Implementation of therapeutic communication, elective surgery; patient satisfaction level.

Keywords

Pelaksanaan komunikasi terapeutik; pembedahan elektif; tingkat kepuasaan pasien.

Full Text:

PDF

References

Anggraini. 2009. Mengetahui gambaran pengetahuan perawat tentang komunikasi terapeutik di ruang perawatan umum irna a rumah sakit pusat anggkatan darat subroto, Universitas Pembangunan nasional veteran : Jakarta pusat.

Arwani. 2003. Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Damaiyanti, M. 2008. Komunikasi terapeutik dalam praktik keperawatan. Bandung: Refika Aditama.

Darmawan, I. 2009. Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Soedarso Pontianak Kalimantan Barat (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Heriandi. 2006. Mengetahui pengaruh tangiable (bukti Fisik) terhadap kepuasaan pasien di ruang ICU RSU. Sari Mutiara Medan. : Universitas sumatera utara medan.

Indrawati. 2003. Manajemen keperawatan. Jakarta: Buku komunikasi keperawatan.

Machfoedz, M. 2009. Komunikasi Keperawatan (Komunikasi Terapeutik). Yogyakarta: Ganbika.

Mundakir. 2006. Komunikasi Keperawatan Aplikasi Dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryani. 2004. Lima komponen dalam komunikasi. Jakarta: Buku keperwatan komunikasi terapeutik.

Tamsuri. 2006. Hubungan sikap dan teknik komunikasi terapeutik perawat dengan kecemasan anak pra sekolah ruang perawatan. di RSUD Dr.Soetomo Surabaya.

Waluyo. 2008. Hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien. Tulungagung: Tentang HIV/AIDS.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.