HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR ANAK DI SDN TUNGGULWULUNG 3 MALANG

Noviasari Noviasari, Ronasari Mahaji Putri, Esti Widiani

Abstract

Keikutsertaan orang tua dalam mendidik anak merupakan awal keberhasilan orang tua dalam keluarganya. Ada sebagian besar orang tua yang tidak berperan didalam proses belajaranak-anaknya dirumah karena disebabkan kurangnya pengetahuan peran orang tua dan kurangnya kepedulian pada anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan hasil belajar pada anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Analisa data yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Populasi terdiri dari siswa siswi kelas 1-5 di SDN Tunggulwulung 3 Malang sebanyak 76 orang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian yang didapatkan sebanyak (42,11%) peran orang tua adalah cukup, sebanyak (46,05%) hasil belajar anak dalam kategori cukup. Hasil analisis p-value 0,008> 0,05 yang berarti ada hubungan antara peran orang tua dengan hasil belajar siswa di SDN Tunggul Wulung 3 Malang dan kekuatan hubungan adalah r = 0,392 yang berarti lemah. Direkomendasikan agar orang tua lebih meningkatkan perannya dan meluangkan waktunya dalam mendampingi dan memotivasi anak.

ABSTRACT


The participation of parents in educating children is the beginning of the success of parents in their families. There are most parents who do not play a role in the learning process of their children at home because of a lack of knowledge of the role of parents and lack of care for children. The purpose of the study was to determine the relationship between the role of parents and learning outcomes in children. This type of research is a descriptive study with a cross sectional approach. Analysis of the data used is the Spearman correlation test. The population consisted of 1-5 grade students in the Tunggulwulung 3 Elementary School Malang as many as 76 people. Sampling uses total sampling. The results obtained as much as (42.11%) the role of parents is sufficient, a total of (46.05%) children's learning outcomes are in sufficient categories. The results of the analysis p-value 0.008> 0.05, which means that there is a relationship between the role of parents and student learning outcomes in Malang Tunggulwulung 3 Elementary School and the strength of the relationship is r = 0.392 which means weak. So that parents further enhance their role and take the time to assist and motivate children.

Keywords : Learning outcomes; role of parents.

Keywords

Hasil belajar; peran orang tua.

Full Text:

PDF

References

Arifin, Zainal. 2015. Relasi Ekonomi dan Pendidikan. Jurnal Ekonomi Pendidikan diakses pada tanggal 17 November 2016

Bangun, D. 2008. Hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar, dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5(1).

Daud, L. R., Garralda, M. E., & David, T. J. 1993. Psychosocial adjustment in preschool children with atopic eczema. Archives of disease in childhood. 69(6) : 670-676.

Dirnyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gunarsa, S. D. 1991. Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. Gunung Mulia: BPK

Najah, A. 2008. Hubungan Antara Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar [Doctoral dissertation]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nopembri, Gigih. 2007. Faktor penghambat pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun bagi anak usia sekolah di desa sendang kecamatan wonogiri kabupaten wonogiri. Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Susriana. 2009. Pentingnya Peran Orang tua terhadap Pendidikan Anak di eraModerenisasi.http//www.yousaytoo.com. Diakses pada 30 April 2011.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.