HUBUNGAN GAMBARAN TUBUH (BODY IMAGE) DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMK PGRI 3 MALANG

Meriyanto Meriyanto, Atti Yudiernawati, Ani Sutriningsih

Abstract

Gambaran tubuh (body image) merupakan gambaran yang dimiliki tentang ukuran, keadaan dan bentuk tubuh. Perubahan fisik yang dialami remaja bisa mempengaruhi hubungan dengan orang lain. Sebagian remaja ingin menghindari orang tertentu karena merasa malu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gambaran tubuh (body image) dengan perkembangan sosial pada remaja di SMK PGRI 3 Malang Kelas 1 Jurusan Penjualan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa SMK PGRI 3 Malang Kelas 1 Jurusan Penjualan berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh responden (73,33%) mempunyai gambaran tubuh positif dan lebih dari separuh responden(76,66%) mempunyai perkembangan sosial adaptif.Hasil uji Chi-Square, diperoleh nilai χ2 hitung sebesar 19.862 dengan nilai signifikansi (Asymp.Sig. (2-sided)) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terlihat bahwa nilai χ2 hitung (19.862) > χ2 tabel [(2-1)(3-1);0,05] (5,991) serta nilai signifikansi (0.000) < α(0,05) sehingga Ho ditolak artinya terdapat hubungan antara gambaran tubuh dengan perkembangan sosial pada remaja. Disarankan kepada remaja untuk dapat mempunyaii gambaran tubuh yang positif untuk membentuk perkembangan sosial yang adaptif.

Kata kunci: Gambaran tubuh (body image), perkembangan sosial, remaja.

Full Text:

PDF

References

Cash, T. F & Pruzinky, T. 2002. Body Image: A Handbook Of Theory,Research, and Clinical Practice. London: The Guilford Press.

Centi. 1993. Mengapa Rendah Diri?. Yogyakarta: Kanisius.

Desmita. 2006.Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E.B. 1990. Psikologi Pengantar: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Waktu. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Keliat, B.A. 1992. Gangguan Konsep Diri. Jakarta: EGC

Monks, F.J. dkk. 2004. Psikologi Perkembangan; Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya , Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muscularity Following Failure To A Female. Journal of Social and Clinical Psychology. New York

Potter, P.A, Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4.Volume 2. Alih Bahasa : Renata Komalasari,dkk. Jakarta: EGC.

Stuart & Sundeen. 1991. Principles and Practice of Psychiatric Nursing ed 4. St Louis: The CV Mosby Year Book.

Tejo, Rosalia. 1996. Persepsi Kegemukan Diri dengan Penyesuaian Sosial Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi UGM.

Walgito. 2001. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar (Edisi ke-2, Cetakan ke-3) Jogjakarta: Andi.

Willis, Sofyan S. 2005. Remaja & Masalahnya: Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja .

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.