PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) DI YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG

Marliana Marliana, Ni Luh Putu Eka, Neni Maemunah

Abstract

Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) adalah gangguan perkembangan yang mengakibatkan ketidakmampuan mengatur perilaku khususnya untuk mengantisipasi tindakan dan keputusan masa depan. Gejala kurang konsentrasi pada anak ADHD dapat mengganggu perkembangan kognitif, perilaku, sosialisasi, dan komunikasi anak. Terapi musik adalah terapi non verbal yang mendorong anak ADHD untuk berinteraksi, berimprovisasi, mendengarkan dan aktif bermain musik. Terapi musik klasik diharapkan dapat menjadi salah satu metode alternatif untuk mendukung proses terapi bagi anak ADHD. Desain penelitian yang digunakan adalah pre exerimental design dengan rancangan one group pretest postest design. Sampel penelitian diambil dengan metode total sampling atau menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian yaitu anak ADHD usia 8-14 tahun di Yayasan Bhakti Luhur sebanyak 18 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuosioner dan observasi sedangkan analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi musik klasik tidak berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi pada anak ADHD usia 8-14 tahun di Yayasan Bhakti Luhur Malang. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti lebih lanjut mengenai pemberian terapi musik klasik terhadap tingkat konsentrasi pada anak ADHD.

Kata Kunci: Attention deficit hyperactive disorder, terapi musik klasik, tingkat konsentrasi

Full Text:

PDF

References

Aziz, A.A.H. 2012.Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah.Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Baihaqi, M., &Sugiarmin, M. 2006. Memahami dan membantu anak ADHD. Bandung: PT .Refika Aditama.

Barkley. 2006. Handbook Attention Deficit Hyperactivity Desorder: Third Edition. London: The Guifford Press.

Djohan .2006. Psikologi musik. Yogyakarta: Galangpress

Dayu, P. A. 2013. Mendidik anak ADHD. Jogjakarta: Javalitera.

Flanagen, R. 2005. ADHD kids: menjadi pendamping bijak bagi anak penderita ADHD. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Fanu, J. L. 2006. Deteksi dini masalah-masalah psikologis anak dan proses terapinya Jogjakarta: Penerbit Think.

Heather, S. 2010. The healing power of sound: latest research related to health and music theraphy.

Judarwanto, Wi. 2006. Gangguan Konsentrasi. http:/ /childrenclinik.Wordpress.com/.

Martin, G.L. 2008.Terapi untuk anak ADHD. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Notoatmodjo, S.2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu KeperawatanEdisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Paternotte, A.dan Buitelaar, J. 2010. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Penerjemah :Julia Maria Van Tiel. Jakarta: Penerbit Prenada media group.

Sutardjo, A. dan Wiramihardja. 2008. Memahami dan Membantu anak ADHD. Bandung: PT Refika Aditama.

Fanu, J.L. 2006. Deteksi dini masalah-masalah psikologi anak dan proses terapinya. Jogjakarta: Penerbit Think.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.