PERBEDAAN KUALITAS TIDUR SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN AUTOHYPNOSIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Felisiana Felisiana, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern, mahasiswa sering menunda waktu tidur. Sebagian besar mahasiswa tidur larut malam dan bangun lalu pergi ke kampus dengan kualitas tidur yang buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur sebelum dan setelah autohypnosis pada mahasiswa Program Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan metode satu kelompok pre-post test. Sampel terdiri atas 36 orang. Sampel diambil berdasarkan sampling purposive dengan kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis kualitas tidur PSQI kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired T dengan hasil tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian sebelum autohypnosis didapatkan sebanyak 44% mahasiswa memiliki kualitas tidur yang baik dan sebanyak 56% mahasiswa memiliki kualitas tidur yang buruk. Setelah autohypnosis didapatkan sebanyak 72% mahasiswa memiliki kualitas tidur yang baik dan sebanyak 28% mahasiswa memiliki kualitas tidur yang buruk. Hasil analisis data dengan uji t berpasangan diperoleh nilai p< 0,00 yang berarti ada perbedaan kualitas tidur sebelum dan sesudah autohypnosis. Dianjurkan untuk siswa yang memiliki kualitas tidur yang buruk dapat melakukan autohypnosis dua minggu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Kata Kunci: Kualitas Tidur, Sebelum dan Sesudah Autohypnosis

Full Text:

PDF

References

Agus, Suroto, 2011. Makalah tentang Melatonin. http://agus suroto.blogspot.com.html diakses tanggal 10-10-2013 diupload tanggal 09-05-2011.

Agustiana, S. 2011. Insomnia Menganggu Kenyamanan Tidur Anda. http://artikel kesehatan.kompasiana.com diakses tanggal 13 april 2013 diposkan pada tanggal 30 oktober 2011.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buysse, D.J et al, 1989. The Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI): A New Instrument for Psychiatric Research and Practice. Psychiatry Research 28:193-213. Issue Number 6.1, Revised 2012. www.ConsultGeriRN.org diakses pada tanggal 10 mei 2012.

Carpenito, L.J. 1998. Book of Nursing Diagnosis: Ed 8 Alih Bahasa Monica Ester. Jakarta: EGC.

Chopra, D. 2003. Tidur Nyenyak, Mengapa Tidak?. Yogyakarta: Ikon Teralitera.

Ganong, W.F. 2003. Fisiologi Kedokteran, Perilaku Siaga, Tidur, dan Aktifitas Listrik Otak Edisi 20. Jakarta: EGC.

Guyton, A.C. & Hall, J. E. 1997.Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 9. Jakarta: EGC.

Hajar, I. 2011. Hypno Teaching.Yogyakarta: DIVA Press.

Harsono. 1996. Kapita Selekta Neurologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Hidayat, A.A. 2009. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan Buku 2, Surabaya: Salemba Medika.

Hidayat, A.A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Surabaya: Salemba Medika.

Gunawan, A. 2007. Hypnosis. Jakarta : Gramedia.

Japardi, I. 2002. Gangguan Tidur. Fakultas Kedokteran Bagian Bedah, Sumatera Utara: USU.

Magis, D. 2008. Self Hypnosis. Jakarta : Dahara Prize.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, 2003. Konsep Penerapan Metologi Penelitian Ilmu Keperawatan. (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Medika.

Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4 Volume 2. Alih Bahasa: Renata Komalasari, dkk. Jakarta: EGC.

Patlak, M. 2005. Your Guide to Healthy Sleep. U. S. Department of Health and Human Services.http://www.nhlbi.nih.gov/health/public/sleep/healthy_sleep.pdf

Prawitasari., dkk, editor: Subandi, M.A. 2003. Psikoterapi: Pendekatan Konvensional dan Kontemporer. Yogyakarta: Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM

Setiadi, 2007. Konsep Dan Riset Keperawatan. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Smith, M. & Robert, S. 2010. How Much Sleep Do You Need? Sleepp Cycles & Stages, Lack of Sleep, and Getting The Hours You Need. http://helpguide.org/life/sleeping.htm. Diakses 21 April 2013.

Wong & Andri, 2009. Dahsyatnya Hypnosis. Jakarta: Visimedia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.