PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA RAKSASA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK WAHID HASYIM DINOYO MALANG

Abu Khoir, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Prasekolah merupakan masa tumbuh kembang anak dibawah umur 6 tahun. Pada periode ini otak anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan merupakan kunci utama bagi pembentuk kecerdasan. Pada masa ini otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembanganmencapai 80% dari otaknya dimasa dewasa. Pemberian stimulasi yang dapat meransang kognitif anak usia prasekolah salah satunya adalah permainan kooperatif. Salah satu contoh permainan kooperatif adalah permainan ular tangga raksasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga raksasa terhadap perkembangan kognitif anak usai 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Wahid Hasyim Nomor 165 Kelurahan Dinoyo Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan rancangan one group Pre-Post Test Design dengan jumlah sample sebanyak 49 anak menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung. Analisa data dengan menggunakan uji paired sample t test dengan nilai (p) = 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif baik yang tertinggi adalah 23 orang (79,3%), Perkembangan Kognitif cukup tertinggi 14 orang (48,3%), perkembangan kognitif kurang yang tertinggi 11 orang (37,9%) dan perkembangan kognitif tidak baik yang tertinggi 1 orang (3,4%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia pra sekolah yang diberikan permainan ular tangga raksasa mengalami perkembangan kognitif dalam pengembangan visual, pengembangan sains permulaan, pengembangan aritmatika, dan pengembangan geometri..

Kata Kunci: Kognitif, prasekolah, ular tangga.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Batista, Yohanes. 2012. Games indoor-Outdoor Paling Gress dan Trik Modifikasi. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publiser.

Depkes, RI. 2005. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita. Bakti Husada

Fudyartanta, K. 2012. Psikologi Perkembangan. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Gustiana, D. A. 2011. Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. Journal. Bandung: FIP UPI.

Hidayat, A. A. A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Jatmatika, N. Y. 2012. Ragam Aktivitas Harian Untuk Playgroup. Jogjakarta: Diva Press.

Masalahah, ummi. 2013. Peningkatan Kemampuan kognitif anak melalui Permainan Ular Tangga Raksasa. Jurnal. Semarang: IKIP Veterran.

Montulalu, dkk. 2007. Bermaian dan Permainan Anak.. Jakarta: Univeersitas Terbuka.

Mulyasa. 2012. Manajemen Paud. PT Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. 2011. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Jakarta: Media Group.

Nirwana,B. A. 2011. Psikologi Bayi, Balita, dan Anak. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Metodeleogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Riduwan dan Sunarto, H. 2012. Pengantar Statistika Untuk Penelitian. Pendidikan, Sosial, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Soetjiningsih, C. H. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai DenganKanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugianto. 1995. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, E.A. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Thrsono,Agung. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak UsiaDini. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Yunanto, A. R. 2012. Pengaruh Cooperative Play Terhadap Reaksi Langsung Sibling Rivalry Pada Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Fakultas Kesehatan Universitas Jember. Jember.

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.