PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI ANAK DENGAN DAN TANPA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) USIA 3-4 TAHUN DI POSYANDU SERUNI TLOGOMAS

Ervina R. Duran, Rona Sari Mahaji Putri, Susmini Susmini

Abstract

Kecerdasan emosi merupakan suatu proses pembelajaran yang berlangsung seumur hidup, perasaan dan pikiran yang khas, keadaan fisiologis dan biologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosi anak dengan dan tanpa pendidikan anak usia dini. Desain yang digunakan adalah studi komparatif (non eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak yang berusia 3-4 tahun di Posyandu Seruni RW 01 Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sebanyak 30orang anak. Sampel untuk kelompok perlakuan dan kontrol masing-masing sebanyak 15 anak. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 71,4% anak dengan pendidikan anak usia dini mempunyai kecerdasan emosi baik, sedangkan sebanyak 50% anak tanpa pendidikan anak usia dini mempunyai kecerdasan emosi cukup. Hasil uji Mann-Whitney didapatkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) < α (0,05) artinya H0 ditolak yang menunjukan ada perbedaan kecerdasan emosi anak dengan dan tanpa pendidikan anak usia dini usia 3-4 tahun di posyandu seruni tlogomas. Saran kepada orang tua dengan anak pendidikan anak usia dini dan tidak pendidikan anak usia dini untuk memperhatikan kecerdasan emosi anak sejak dini untuk memberikan stimulus dengan meningkatkan frekuensi, kualitas dan kuantitas komunikasi dengan anak.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, PAUD.

Full Text:

PDF

References

Dinata, A. 2007. Urgenitas Mutu Pelayanan PAUD Menuju Wajar Diknas 9 Tahun. http://[email protected]. diakses tanggal 13 Agustus 2012.

Goleman, Daniel. 2006 Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, Endang. 2008. Perbedaan tingkat Kehadiran anak antara orang tua dengan motivasi tinggi, sedang dan rendah. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Kebidanan Politeknik Kesehatan Surabaya. Magetan.

Sari, Prasetyatna. 2007. StudiPerbedaan Perkembangan Psikososial Anakdari Playgroup dan tidak Playgroup. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Kebidanan Magetan Politeknik Kesehatan Surabaya. Magetan.

Soetjiningsih, H. 1995. Perkembangan Anak sejak Pertumbuhan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.