FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BULLYING PADA REMAJA AWAL

Yunita Bulu, Neni Maemunah, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Fenomena perilaku bullying merupakan bagian dari kenakalan remaja yang sering di ketahui terjadi pada masa- masa remaja, dikarenakan masa ini remaja memiliki egosentrisme yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada remaja awal di SMP Kristen Setia Budi Kota Malang. Penelitian ini bersifat Korelasional dan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII dan VIII SMP Kristen Setia Budi Kota Malang yang diambil data terbaru pada tanggal 10 Januari 2018 sebanyak 30 orang siswa, dan teknik sampling menggunakan total sampling. Metode analisa data yang digunakan yaitu Odds Ratio dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan faktor teman sebaya dengan nilai signifikan 0,003 (p value ≤ 0,05) dan nilai OR sebesar 5,0, faktor media sosial dengan nilai signifikan 0,006 (p value ≤ 0,05) dan nilai OR sebesar 3,857, serta faktor lingkungan sosial dengan nilai signifikan 0,004 (p value ≤ 0,05) dan nilai OR sebesar 4,5. Jadi dapat disimpulkan bahwa faktor teman sebaya, media sosial, dan lingkungan sosial, berpengaruh signifikan terhadap perilaku bullying pada remaja awal di SMP Kristen Setia Budi Kota Malang. Bullying dapat berdampak buruk pada kondisi psikologi korban, oleh karena itu tindakan bullying perlu ditinggalkan dan dapat merangkul teman tanpa memandang kondisi fisik, lingkungan asalnya baik ekonomi, sosial dan agama teman. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying dengan cara melakukan observasi langsung kepada remaja.

ABSTRACT

Phenomenon of bullying habit is one of teens naughtiness and it often happens in adolescence, because in this time teens have a high egocentrism. This study aims to figure out all factors influencing bullying habit to the teens at Setia Budi Christian Junior High School Malang. This study is Coresionalist by using cross sectional approach. The population of this research is the all students at Setia Budi Christian Junior High School in city of Malang in the grade one and two in which, the recent data are taken from 30 students, on 10th January 2018. The sampling technique used is total sampling and the data analysis method used is Odds Ratio by using SPSS. The research result shows that peers factor gives the significant value 0.003 (p value ≤ 0.05) and OR value is 5.0. factor of social media with the significant value 0.006 (p value ≤ 0.05) and OR value is 3.857. and social environment factor with the significant value 0.004 (p value ≤ 0.05) and OR value (p value ≤ 0.05) and OR value of 4.5. So it can be concluded that the factors of peers, social media and social environment have a significant effect to the bullying habit of teens at Setia Budi Christian Junior High School Malang. Bullying could give a bad effects toward the psychological condition of the victims, therefore bullying action needs to be avoid and the students need to be encouraged to make friends with anyone without questioning on their psychical condition and background such as economy and religion.

Keywords: Bullying behavior; factors social media; peers; social environment.

Keywords

Faktor lingkungan sosial; media sosial; teman sebaya; perilaku bullying.

Full Text:

PDF

References

Adeyemi, T.O. 2008. Organizational Climate and Teachers’Job Performance in Primary Schooling Ondo State, Nigeria: An Analitical Survey. Asian Journal of Information technology. Botswana: University of Botswana.

Abdullah, Nandiyah. 2013. Meminimalisasi bullying di sekolah. Jurnal psikologi Magistra. No. 83:50-55. https://www.academia.edu/29140284/Analisis_Konseli_Korban_Bullying.doc. ISSN 0215 - 9515. Diakses tanggal 03 Maret 2018.

Agustiono. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian bullying pada anak sekolah di MTS Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Klambu Kabupaten Grobogan. Skripsi. Padang. Universitas Andalas.

Aldilla, Nissa. 2009. Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kriminologi Indonesi. Universitas Indonesia. Vol 5(1).http://repository.ump.ac.id/3800/7/Daftar%20pustaka_Hajjar%20isnaeni%20putri_Hukum%2717.pdf. Diakses tanggal 01 Februari 2009.

Amsar, Risal, dan sugiyanto 2015, Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Minum minuman Keras Pada Remaja Laki-Laki di Kelurahan Pekuncen RT 31 Rw 07 Wirobrajan Yogyakarta, Skripsi Thesis, Stikes Aisyiyah, Yogyakarta.

Astuti, P.R. 2008, Meredam bullying; 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Grasindo.

Badan Pusat Statistik. DIY. 2015, Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. Depresi Gara-gara Dibully, Remaja Ini Pilih Bunuh Diri. Tribun Jogja: http://jogja.tribunnews.com/2016/12/04/depresi-gara-gara- dibully-remaja-ini-pilih-bunuh-diri. Diakses pada tanggal 12 Juni 2017.

Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. (Panduan Bagi Orang Tua, Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA) Bandung : PT. RosdaKarya.

Dewi, Rayani. dan Jien Tirta Raharja. 2017. Hubungan Perilaku Bullying Di Media Sosial dengan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas X DI SMKN 4 Mataram. Jurnal Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, FIP IKIB Mataram, 2(2) http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/realita/article/view/757. diakses tanggal 14 Juni 2018.

Putri, Fathra Annis Nauli, dan Riri Novayelinda . 2015. Faktor – Faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja. JOM. Universitas Riau. 2(2). https://www.neliti.com/id/publications/187389/faktorfaktor-yang-berhubungan-dengan-perilaku-bullying-pada-remaja. Diakses Tanggal 5 Oktober 2015.

Rohimah, Annisa’I. 2016. Hubungan Peran Kelompok Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah, Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/2028/1/NASKAH%20PUBLIKASI%202.pdf. diakses tanggal 14 Juni 2018.

Shofia, Yusrina Nur., dan Yunita Sari. 2016. Hubungan Antara Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas XI di SMAN Z Bandung. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3843. diakses tanggal 14 Juni 2018.

Sulistyowati, Fransiska Septiana. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan tergadap Perilaku Kekerasan di Kalangan Pelajar. https://digilib.uns.ac.id/.../Pengaruh-Lingkungan-Sekolah-dan-Pengetahuan-terhadap-perilaku-kekrasan-di-kalangan-pelajar. diakses tanggal 14 Juni 2018.

Surono, A. 2017. Tragis Murid SD Usia 8 Tahun Gantung Diri Pakai Dasi Gegara Di-bully Teman Sekolah. Tribun Medan: http://medan.tribunnews.com/2017/05/12/tragis-murid-sd-usia-8-tahun-gantung-diri-pakai-dasi-gegara-di-bully-teman-sekolah?page=4. Diakses tanggal 12 Juni 2017.

Trevi, 2010. Sikap Siswa SMK Terhadap Bullying. [Skripsi]. Fakultas Psikologi Esa Unggul. Jakarta.

Tim sejiwa 2018 Bullying : Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah Dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo

Zakiyah, Sahadi Humaedi,dan Meilanny Budiarto Santoso. 2017. Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal penelitian dan PPM, FISIP Universitas Padjadjaran. 4(2). https://r.search.yahoo.com/jurnal.unpad.ac.id%2fprosiding%2farticle%2fdownload%2f14352%2f6931/RK=2/RS=v7Z.VogIlq6vRtzUfrXgwCYlaCQ. Diakses tanggal 2 Juli 2017

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.