PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN TINDAKAN COOPERATIVE PLAY DI TAMAN KANAK-KANAK SRIWEDARI MALANG

Maria Melania Ate, Joko Wiyono, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Pendidikan anak usia dini perlu diberikan secara komprehensif, anak tidak hanya dicerdaskan otaknya tetapi jugas pada aspek lainnya seperti intelektual, emosi, dan sosial. Salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak adalah dengan memberikan cooperative play. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah sebelum dan sesudah diberikan tindakan cooperative play di Taman Kanak-kanak Sriwedari Malang. Penelitian ini menggunakan desain non eksperimental yaitu komparatif bersifat retrospektif. Populasinya adalah anak usia prasekolah di Taman Kanak-kanak Sriwedari Malang yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil rapor. Analisis data menggunakan paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang perkembangan sosialnya sesuai sesudah diberikan tindakan cooperative play sebanyak 13 orang (52%), 10 orang (40%) kurang sesuai dan 2 orang (8%) tidak sesuai. Hasil analisis data didapatkan p-value sebesar 0.000 < 0.05, artinya Ho ditolak yaitu ada perbedaan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah sebelum dan sesudah diberikan tindakan cooperative play. Sehingga, cooperative play dapat dijadikan solusi dalam perbaikan pembelajaran khususnya dalam bidang perkembangan sosial. Bagi lembaga pendidikan agar memberikan kesempatan serta fasilitas untuk mendukung semua aspek perkembangan anak melalui permainan yang menarik dan menyenangkan.

Kata Kunci: Cooperative play, perkembangan sosial.

Full Text:

PDF

References

Adriana, Dian. 2013. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Nursalam. 2011. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Yusuf. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.