PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA PENDERITA HIPERTENSI LANSIA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Eka Pipit Nur Cahyani, Joko Wiyono, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Kecemasan (ansietas) adalah respon emosional terhadap penilaian intelektual terhadap sesuatu yang berbahaya.Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah, terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkannya.Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian komparatif dengan pendekatan cross sectional. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test independent.Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah lansia yang mengalami hipertensi di kelurahan Merjosari RW 12 kecamatan Lowokwaru Kota Malang sebanyak 24 orang. Pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan menggunakan sampling jenuh.Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t-test independent menunjukan bahwa lansia perempuan mengalami tingkat kecemasan lebih tinggi dibandingkan lansia laki-laki. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapatperbedaan tingkat kecemasan penderita hipetensi lansia laki-laki dan perempuan di kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Kata Kunci : Hipertensi, jenis kelamin, kecemasan, lansia.

Full Text:

PDF

References

Marliani Lili, dkk. 2007. 100 Question & Answers Hipertensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Gramedia.

Nugroho,Wahjudi. 2008.Keperawatan Gerontik & Geriatrik;Edisi ke-3. Jakarta: EGC.

Rahyani. 2007. Faktor yang mempengaruhi kejadian hipertensi pada pasien yang berobat

dipoliklinik dewasa puskesmas bangking periode januari-juni 2007,

http://yayanakhyar.files.wordpress.com/2009/02/files-of-drsmed-faktor-yang

berhubungan-dengan-kejadian-hipertensi.pdf, diakses tanggal 12 Januari 2012 jam 14.00 WIB.

Stuart G.W. & Sundeen S.J. 1998.Keperawatan Jiwa. Ed.3. Alih Bahasa Achir Yani S Hamid. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Suliswati. 2005. Konsep Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Sustrani, Lanny, dkk. 2006. Hipertensi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Sutanto. 2009. Awas 7 Penyakit Degeneratif. Yogyakarta: Paradigma Indonesia,

Tamher, S & Noorkasiani. 2009. Penghantar. Dalam: Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Cetakan Pertama. Jakarta:Salemba Medika.

Wolff, Hanns Peter. 2008. Hipertensi, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, Gramedia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.