HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG HYGIENE MAKANAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI DI WILAYAH KERJA POSYANDU MELATI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Evi Susanti, Tanto Hariyanto, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Diare merupakan salah jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Diare telah menjadi penyebab kematian terutama pada bayi.Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme termasuk bakteri, virus serta parasit lainnya seperti jamur, cacing dan protozoa.Pengetahuan ibu tentang hygiene makanan merupakan salah satu faktor yang cukup krusial dalam kejadian diare pada bayi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan pengetahuan ibu tentang hygiene makanan dengan kejadian diare pada bayi. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Total sampel berjumlah 30 orang yang diperoleh melalui teknik total sampling. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan uji coefficient contingency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 50% ibu mempunyai pengetahuan baik, sebanyak 40% bayi mengalami diare dan sebanyak 60% bayi yang tidak diare. Tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang hygiene makanan dengan kejadian diare pada bayi (p= 0,163). Ada berbagai faktor yang mempengaruhi hubungan pengetahuan ibu dengan kejadian diare pada bayi. Faktor sikap dan perilaku ibu dalam memberikan makanan juga mungkin penting untuk diketahui.

Kata kunci: Diare pada bayi, hygiene, makanan, pengetahuan ibu.

Full Text:

PDF

References

Depkes RI, 2007. Profil Kesehatan Indonesia 2005.

Juwono, L. 2003. Pemberian Makanan Tambahan. Jakarta : EGC

Mansjoer, A. 2005.Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. 2005. Metode Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam, Dkk.. 2001. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: CV. Sagung seto.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.