HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN IBU DALAM MEMBERIKAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Yudi Yudi, Atti Yudiernawati, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Pengetahuan yang baik mengenai kejadian ikutan pasca imunisasi dasar sangat membantu ibu dalam mencegah terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dasar. Ibu diharapkan dapat memberikan imunisasi dasar secara lengkap dan sesuai dengan usia bayi. Kepatuhan ibu dalam memberikan imunisasi dasar adalah salah satu perilaku positif ibu dalam mencegah penyakit yang dapat mengancam kesehatan bayinya.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan ibu mengenai KIPI dasar dengan kepatuhan ibu dalam memberikan imunisasi dasar pada bayinya di RW 02 Kelurahan Tlogomas Malang. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang memiliki bayi usia antara 0-12 bulan di RW 02 Kelurahan Tlogomas Malang sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kuosioner.Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik Koefisiensi Kontingansi. Hasil analisis data diperoleh temuan sebanyak 18 responden (60%) mempunyai pengetahuan yang baik mengenai KIPI dasar dan 27 responden (90%) patuh memberikan imunisasi dasar pada bayinya. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai p yaitu 0,025 (<0,05) yang menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang KIPI dasar dengan kepatuhan ibu dalam memberikan imunisasi dasar pada bayinya di RW 02 Kelurahan Tlogomas Malang. Saran yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian adalah perlunya meningkatkan kerjasama antara perangkat desa, masyarakat dan petugas kesehatan setempat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan meliputi pemanfaatan sarana dan prasarna serta memberikan motivasi kepada masyarakat melalui komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE).

Kata kunci: Kejadian ikutan pasca imunisasi dasar, kepatuhan imunisasi dasar.

Full Text:

PDF

References

Alimun, A. 2007.Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Andhini, Dwi. 2010. Imunisasi dan Vaksinasi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Kesehatan. 2000. Kebijakan Program Imunisasi. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Effendy. 2005. Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.

Reza, Isfan. 2006. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status imunisasi dasar pada anak dipuskesmas pauh. Fakultas Kesehatan. Universitas Negeri Padang.

Niven. 2008. Psikologi Kesehatan: Pengantar Untuk Perawat Dan Profesional. Jakarta: EGC.

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku.Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet, B. 2007. Psikologi Umum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiadi. 2007. Konsep Dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.