GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN IBU BERSALIN YANG AKAN MENGHADAPI SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT BAPTIS BATU

Yustina Date, Sri Mudayati, Neni Maemunah

Abstract

Kecemasan dapat terjadi pada semua persalinan, baik pada ibu primigravida maupun multigravida, baik secara normal maupun sectio caesarea. Kejadian kecemasan pada proses persalinan lebih dari 12% terjadi pada ibu yang melahirkan. Hal ini disebabkan rasa takut dan sakit yang akan meningkatkan pengeluaran adrenalin penyebab kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan ibu bersalin yang akan menghadapi sectio caesarea di RS Baptis Batu. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik observasional, dengan populasi seluruh ibu bersalin yang akan menghadapi sectio caesarea di RS. Baptis Batu berjumlah 30 orang.Smpel diambil secara insidental sampling berjumlah 5 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar ibu bersalin yang akan menghadapi sectio caesarea di RS Baptis Batu memiliki tingkat kecemasan sedang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan tambahan pengetahuan, pengarahan dan penyuluhan terhadap ibu yang akan mengalami persalinan mengenai pentingnya meningkatkan pengetahuan secara dini tentang kehamilan, persalinan dan penyertanya seperti kecemasan.

Kata kunci: Ibu bersalin, Sectio Caesarea, tingkat kecemasan.

Full Text:

PDF

References

Aryasatiani. 2005. Menjaga Wanita Takut Menghadapi Persalinan Normal. Online: http://www.dinkes.diy.org. Diakses 26 Mei 2012.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, 2003. Angka Kematian Ibu di Jawa Timur. Dinkes Jatim.

Kurniasih, D. 2006. Menghadapi Rasa Nyeri. Online: http://www.tabliodnakita.com/khasanah060302-06.htm. Diakses 26 Mei 2012.

Varney, H., Krebs, J.M., & Gegor, C.L. 2001. Buku Saku Bidan Terjemahan. Jakarta: ECG.

Wiknjosastro, H., Saifudin, A.B., & Rachimadhi, T. 2002. Ilmu Kebidanan, Edisi 3. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Wiknjosastro.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.