HUBUNGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DENGAN KEBERHASILAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PADA ANAK KURANG GIZI DI KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Yovita Lai Hane, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Pemberian makanan tambahan (PMT) adalah salah satu upaya meningkatkan gizi masyarakat terutama balita yang memiliki berat badan dibawah normal.Kegiatan PMT umumnya dijalankan sepenuhnya dengan bantuan kader.Fenomena yang terjadi pada beberapa posyandu menunjukkan bahwa pelaksanaan PMT belum efektif karena jumlah kader kurang memadai.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak balita dengan status gizi kurang di posyandu RW 06 Kelurahan Tlogomas Malang berjumlah 18 orang dan ibu balita tersebut. Seluruh responden dijadikan sampel penelitian. Variabel penelitian yaitu keaktifan kader posyandu dan pemberian makanan tambahan pada anak kurang gizi di posyandu bersangkutan.Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan angket.Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan perhitungan statistik.Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian adalah (1) Kader posyandu tergolong aktif (2) Pemberian makanan tambahan (PMT) pada anak kurang gizi tergolong berhasil, karena sebagian besar responden balita mengalami peningkatan berat badan setelah mendapat PMT, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan kader posyandu dengan keberhasilan pemberian makanan tambahan pada anak kurang gizi di posyandu RW 06 Kelurahan Tlogomas Malang. Saran yang dapat di rekomendasikan berdasarkan hasil penelitian antara lain puskesmas dan petugas kesehatan perlu untuk selalu memberikan himbauan terhadap masyarakat tentang pentingnya pemberian makanan tambahan bagi balita yang kurang gizi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menemukan faktor lain yang berhubungan dengan PMT yang dapat mempengaruhi status gizi anak di masyarakat.

Kata kunci: Kader posyandu, pemberian makanan tambahan

Full Text:

PDF

References

Arikunto, 2000. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan republik Indonesia, 2003. Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta : Depkes RI.

Depkes RI. 2006. Pedoman Umum Pemberian MP-ASI Lokal. Surabaya: Bakti Husada.

Depkes RI. 2009. Kartu Menuju Sehat Model Baru Diluncurkan. http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/463-kartumenuju-sehat-model-baru-diluncurkan.html. Diakses tanggal 25 April 2012.

DinKes Jatim. 2005. Profil Kesehatan Jawa Timur Tahun 2005. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Efendi dan Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas. Teori dan Praktik dalam Komunitas. Jakarta. Salemba Medika.

Erna. 2003. Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Praktik Kader terhadap Cakupan Posyandu. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kemenkes. 2011. Panduan Penyelenggaraan pemberian Makanan Tambahan Bagi Balita Gizi Kurang. Jakarta: Kemenkes RI.

Nazir, Muhammad. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmojo S. 2007. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : CV. Informedika.

Prasetyawati. 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat Untuk Kebidanan Holistik. Yogyakarta: Nuha Medika.

Syafrudin, 2009.Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.

Widayatun, T,R. 2009. Ilmu Perilaku. Jakarta: CV Agung Seto.

Zuanita, AR. 2011. Hubungan antara Motivasi dan Tingkat Partisipasi Kader Posyandu Balita di Kelurahan Karangsewu Galur Kulon Progo Yogyakarta. Publikasi.umy.ac.id/index.php/psik/article/view/3119/1887. Diakses tanggal 25 April 2012.

Zulkifli. 2003. Posyandu dan Kader Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatra Utara.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.