PENGETAHUAN IBU TENTANG KURANG ENERGI PROTEIN (KEP) BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 0 - 6 BULAN DI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Leonardus Waghe, Atti Yudiernawati, Ani Sutriningsih

Abstract

Kekurangan Energi Protein (KEP) adalah keadaan kurang gizi yang disebabkan rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari, sehingga tidak memenuhi angka kecukupan gizi. Faktor yang mempengaruhi KEP adalah faktor sosial ekonomi, asupan nutrisi, pelayanan kesehatan, dan penyakit sebelum dan selama KEP. Air Susu Ibu mengandung nutrisi yang baik bagi bayi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang KEP dengan sikap ibu dalam pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0 – 6 bulan.Desain penelitian adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua ibu yang mempunyai bayi di RW 02 dan RW 06 Kelurahan Tlogomas sebanyak 33 orang.Pengambilan sampel dengan total sampling, sehingga didapatkan sampel 33 orang. Analisa data dengan menggunakan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang KEP dengan sikap ibu dalam pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di RW 02 dan RW 06 Kelurahan Tlogomas.Pengetahuan ibu tentang KEP dapat mempengaruhi ibu dalam memberikan ASI eksklusif. Semakin baik pengetahuan Ibu tentang KEP dan manfaat ASI eksklusif, maka seorang ibu akan memberikan ASI eksklusif pada bayinya secara teratur.

Kata Kunci : Pengetahuan tentang KEP, sikap dalam pemberian ASI eksklusif

Full Text:

PDF

References

Arifin, S. 2004. Pemberian ASI Ekslusif dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Laporan Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Departemen Kesehatan RI. 2003. Buku Bagan Tata Laksana Anak Gizi Buruk, Buku I, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Direktorat Gizi Masyarakat. Jakarta.Di download dari http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkmgizievawany.pdf. diakses tanggal 24 Maret 20012.

Lailina, R. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi kejadian Balita Kekurangan Energi Protein (KEP) di desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. PKL Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Linkages. 2002. Pemberian ASI Eksklusif atau ASI Saja: Satu-satunya Sumber Cairan yang Dibutuhkan Bayi Usia Dini. Diakses dari www.linkagesproject.org pada tanggal 12 Maret .

Wahyuningrum, N. 2007. Survey Pengetahuan Ibu Tentang Asi Eksklusif Dengan PemberianASI Eksklusif pada Bayi Di desa Sadang Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Widodo, K.A.2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Balita Kekurangan Energi Protein (KEP). PKL Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.