HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN PADA PENSION DI PERSATUAN WIRDATAMA PENSIUNAN SIPIL SINGOSARI

Eka Arvi Sukmawan, Dyah Widodo, Esti Widiani

Abstract

Pensiun merupakan masa ketika seseorang diberhentikan dari pekerjaannya sesuai dengan batas usia pensiun yang telah ditetapkan dalam aturan pensiun yaitu usia 56 tahun. Saat masa pensiun mereka merasa cemas sekalipun mendapatkan uang pensiun karena masih ada anggapan bahwa jumlah uang pensiun yang diterima kurang memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan emosi dengan kecemasan pada pensiun di Persatuan Wirdatama Pensiunan Sipil Singosari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non ekperimen dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 31 orang dengan cara pengambilan sampel total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearman rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar kecerdasan emosional responden masuk kategori tinggi sebanyak 22 orang(71%); hampir sebagian tingkat kecemasan responden termasuk kategori ringan sebanyak 13 orang(41,9%); dan hasil analisis bivariat menunjukan p-value = 0,00 artinya p-value < 0,05. Artinya ada hubungan hubungan antara kecemasan emosi dengan kecemasan pada pension di Persatuan Wirdatama Pensiunan Sipil Singosari. Saran yang dapat direkomendasikan, bagi masyarakat, diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan tentang kecerdasan emosi dengan kecemasan, sehingga jika terjadi kecerdasan emosi yang rendah maka individu dapat mengontrolnya dan tidak menimbulkan kecemasan.

Kata kunci : Kecerdasan emosi, Kecemasan

Full Text:

PDF

References

Goleman, et. Al. 2006. Kepemimpinan berdasarkan EQ. Jakarta : GPU

Hadiwaluyo, Donni. 2010. Menghadapi Masa Pensiun. www.multiply.com. Diakses tanggal 13 Juli 2013.

Hurlock, elizabeth.b. 2000. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan. (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Newman, B.M & Newman. P.R. 2006. Development Through Life : A Psychosocial Approach.Ninth Edition. Thomson-Wadsworth.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.