PERBEDAAN NORMALITAS TEKANAN DARAH PADA WANITA MIDDLE AGE YANG MENGIKUTI SENAM DAN TIDAK SENAM DI KELURAHAN BANDUNGREJOSARI MALANG

Syifa Fauziyah, Tanto Hariyanto, Wahidyanti Rahayu S.

Abstract

Tekanan darah adalah suatu kekuatan yang dihasilkan darah terhadap setiap satuan pembuluh darah, dengan nilai normal antara 120-140/80-90 mmHg. Senam merupakan bentuk olahraga yang memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan elastisitas pembuluh darah bila dilaksanakan dengan benar. Senam dengan teratur dapat meningkatkan kekuatan otot jantung, elastisitas pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan normalitas pembuluh darah pada wanita middle age yang mengikuti senam dan tidak senam di Kelurahan Bandungrejosari Kota Malang. Penelitian ini berupa observasi dengan menggunakan metode analitik kooperatif. Penelitian ini menggunakan total sampling untuk sampel sebanyak 33 orang yaitu, 21 orang untuk perlakuan dan 12 orang untuk kontrol, dengan menggunakan t-test independen. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelompok senam terdapat 18 orang (86%) yang memiliki tekanan darah normal dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang (48%). Hasil uji statistik normalitas tekanan darah pada kelompok perlakuan diketahui tingkat kemaknaan pada sistole (Sig. (2-tailed) sebesar 0,029<0,05 dan diastole 0,002<0,05 sedangkan pada kelompok kontrol tingkat kemaknaan pada sistole (Sig.(2-tailed) sebesar 0,030<0,05 dan diastole 0,002<0,05 artinya terdapat perbedaan normalitas tekanan darah pada wanita middle age yang mengikuti senam dan tidak senam di Kelurahan Bandungrejosari Kota Malang. Saran yang dapat direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya antara lain hendaknya menggunakan lebih banyak sampel dengan kelompok umur yang berbeda dan juga menambah parameter penelitian.

Kata kunci : Tekanan darah, senam, wanita middle age.

Full Text:

PDF

References

Depkes RI. 2007. Pedoman Pembinaan Kesehatan Lnjut Usia Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Giriwijoyo, S. 2007. Olahraga untuk kesehatan. Jakarta: Balai Pustaka.

Guyton, Arthur C, 1997. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Volume 1 Edisi 9. Jakarta: Penerbit EGC.

Nugroho, Wahyudi. 2008. Keperawatan Gerontik Edisi 3. Jakarta: EGC.

Pefrosky, J.S. 2005. Combined diet and low impact aerobic exercise programs impact on weight, girth, and muscular strenght, part 1. The journal of applied research, Journals of the American Medical Association, 5(1), 34-41.

Suharno. 2009. Latihan jasmani dalam pencegahan penyakit jantung koroner. Jakarta: Salemba Media.

Stanley, M & Patricia, G.B. 2002. Buku ajar keperawatan gerontik edisi 2. Jakarta: EGC.

Tangkudung, J. 2004. Cerdas dan bugar dengan senam. Jakarta: Gramedia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.