HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN MOTIVASI IBU DALAM MENINGKATKAN STATUS GIZI PADA BALITA DENGAN STATUS GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BARENG

Rosadalima Lebo Atu, Atti Yudiernawati, Tri Nurmaningsari

Abstract


Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainya. Semakin tinggi pengetahuan ibu maka motivasi atau dorongan untuk memperhatikan gizi anak semakin baik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan motivasi ibu dalam meningkatkan status gizi pada balita dengan status gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Bareng. Penelitian ini menggunakan desain non ekperimen jenis correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 orang yang memiliki anak dengan status gizi kurang diwilayah kerja Puskesmas Bareng Kota Malang. Sampel penelitian sejumlah 44 orang menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearman rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pengetahuan Ibu di wilayah kerja Puskesmas Bareng hampir seluruhnya (84,1%) masuk kategori baik dan sebagian besar (72,7%) motivasi ibu masuk dalam kategori baik. Hasil analisis bivariat menunjukan ada hubungan antara pengetahuan dengan motivasi ibu dalam meningkatkan status gizi pada balita dengan status gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Bareng yang bersifatpositif. Saran direkomendasikan kepada orang tua khususnya para ibu diharapkan dapat menambah pengetahuan tetang gizi agar dapat termotivasi untuk meningkatkan status gizi pada anak.

Kata kunci : Pengetahuan, motivasi ibu, status gizi.

Full Text:

PDF

References


Bastabel, Susan B, 1997. Perawat sebagai Pendidik: Prinsip- Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran, Dra. Gerda Wulandari, Gianto Widiyanto (penerjemah), 2002. Jakarta: EGC.

Depkes RI, 1999. Rencana paembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010. Jakarta.

Pemerintah RI, 2011. Data Penduduk Sasaran Programbangunan 2011 - 2014. (http://www.10 Daerah Gizi Buruk.com. Dowload Mei 2012).

Profil Dinkes Kota Malang. 2011. (http://www. 9404. Malang- pemkota belum prioritaskan anggaran gizi buruk. Html. Feb. 2011).

Notoatmodjo S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Machfoedz, I. 2005. Metode Penelitian: Bidang Kesehatan, Keperawatan, dan Kebidanan.Yogyakarta: Fitramaya.

Nursalam, 2008. Metode Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV Sagung Seto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.