PENGARUH PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS III DAN IV SDN MERJOSARI 1 MALANG

Siprianus Koi, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Lasri Lasri

Abstract

Game online merupakan permainan (games) yang dapat diakses oleh banyak pemain dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan. Umumnya jaringan yang digunakan untuk bermain adalah Internet. Maraknya game online menyebabkan pemain menjadi kecanduan terhadap permainan tersebut. Fase kecanduan bermain game merupakan keadaan dimana seorang pemain akan sangat sulit untuk lepas dari permainannya tersebut, sehingga aktivitas belajar anak ataupun remaja terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh permainan game online terhadap aktivitas belajar pada anak usia sekolah kelas III dan IV SDN Merjosari 1 jalan Joyo Utomo No 2 Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan komparatif design. Sampling yang digunakan adalah Purposive sampling dengan sampel berjumlah 41 orang. Data analisis menggunakan uji t-test design dapat diketahui bahwa aktivitas belajar anak yang tidak bermain game online yang baik 50,0%, yang cukup 31,25% dan yang kurang 18,75% sedangkan anak yang bermain game online aktivitas belajar yang baik 0,0%, yang cukup 28,0% dan yang kurang 78,0%. Hasil analisa statistik dengan uji t-test diperoleh bahwa nilai p value 0,000 < () 0,05. sehingga H1 diterima artinya terdapat pengaruh Permainan Game Online Terhadap Aktvitas Belajar Pada Anak Usia Sekolah Kelas III (Tiga) dan IV (Empat) di SDN Merjosari 1 Jl. Joyo Utomo No.2 Malang. Bagi peneliti selanjutnya dapat dikembangkan menjadi penelitian tentang pengaruh permainan game online terhadap perubahan pola tidur pada remaja.

Kata Kunci : Permainan Game Online, aktivitas belajar.

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. 2003. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Adams, E. & Rollings, A, 2007. Fundamentals Of Game Design, Prentice Hall http://gamestudies.org/0802/articles/sicart. Diakses 10 Febuari 2013.

Adams, E. & Rollings, A. 2010. Fundamentals Of Game Design, Barkeley, CA: New Riders.

Aji, C Z. 2012. Berburu Rupiah Lewat Game Online, Yogyakarta : Bouna books.

Alimul, A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah, Jakarta : PT. Salemba Medika.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ayu, R. 2011. Menanggulangi Kecanduan Game On-Line. Jakarta: Pustaka Mina.

Chandra, A, N. 2006. Gambaran Perilaku Dan Motivasi Pemain Online Game. Jurnal Penabur No.07/Th.V/Desember 2006. Diakses 10 Febuari 2013.

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar, Bandung : CV. Yrama Widya.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/agus-basuki-mpd/modul%20gameonline1.pdf. Diakses 10 Febuari 2013.

http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Master-22444-8106142018%20-%20BAB%20II.pdf. Diakses 10 Febuari 2013.

Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta : PT. Salemba Medika.

Purwanto, N. 2004. Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosdakarya.

Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.