HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA TODDLER DI POSYANDU MELATI TLOGOMAS MALANG

Munizar Munizar, Dyah Widodo, Esti Widiani

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan salah satu tahap tumbuh kembang yang dilalui anak pada usia toddler dan pada umur tertentu anak belum bisa melakukan tugas perkembangan yang sesuai dengan kelompok umurnya, adapun tugas perkembangan itu dapat membahayakan perkembangan dan menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik, seperti motorik kasar dan motorik halus. Ibu berperan sebagai motor penggerak utama dalam perkembangan motorik halus anak, melalui stimulasi. Dalam melakukan stimulasi ibu dituntut memiliki pengetahuan yang luas tentang stimulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik halus anak usia toddler. Desain penelitian ini deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak usia toddler dan semua anak usia toddler yang berjumlah masing-masing 42 orang, sampel penelitian di Posyandu Melati RW 02 Tlogomas Malang secara total sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dengan Tehnik analisis datanya uji korelasi product moment pearson,dengan α = 0.05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa sebanyak 42,86% pengetahuan ibu dalam kategori cukup baik, sebanyak 52,38% perkembangan motorik halus anak dalam kategori baik, dan ada hubungan yang rendah antara pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik halus anak usia toddler dengan nilai uji statistik, p-value 0,035 dan nilai r hitung 0,326. Disarankan perlunya peningkatan pengetahuan ibu melalui pelatihan, mengikuti seminar, dan banyak membaca tentang stimulasi dan perkembangan anak.

Kata kunci: Motorik halus, pengetahuan, stimulasi.

Full Text:

PDF

References

Alimul, A. 2003. Riset Keperawatan Dan Tekhnik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Alimul, A. Aziz. 2005. Pengantar ilmu keperawatan anak 1., Jakarta: Salemba Medika.

Anwar, M.I. 2002. Skala Pengukuran, Variable-Variabel Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

DepKes RI, 2005. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta.

Hurlock, EB. 2000. Perkembangan Anak. Surabaya: Erlangga.

Idris, A. 2010. Tumbuh Kembang Anak Dan Gangguan Bicara. http://ackogtg.wordpress.com /2010/02/27/tumbuh-kembang-anak-dan-gangguan-bicara/. Diakses Pada Tanggal 10 Januari 2012.

Mudjito, 2007. persiapan membaca dan menulis melalui permainan. Jakarta : Diknas.

Mollie and Russell Smart. 2010. Motorik halus.http://bintangbangsaku. Com /artikel/2010/02, diakses tanggal 16 febuari 2012.

Notoatmodjo. S. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Narendra, Morsintowati B. 2002 Tumbuh Anak Dan Remaja. Jakarta : CV. Sagung Sento.

Nursalam. 2005. Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta: Salemba Medika

Soetjiningsih. DSAK. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.

Setiadi. 2007. Konsep Dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tandyo. 2002. Gizi Anak. Buku Pegangan Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.