HUBUNGAN PERAWATAN PAYUDARA TERHADAP KELANCARAN ASI PADA IBU POST-PARTUM DI KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Maria Beatrix Tyfani, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Pelaksanaan perawatan payudara sangat di perlukan, namun banyak dari ibu-ibu postpartum biasanya jarang bahkan tidak pernah melakukan perawatan payudara. Penyebab dari kondisi ini karena kurang adanya penyuluhan atau informasi atau juga ibu malas dalam melakukan perawatan payudara sehingga mempengaruhi kelancaran ASI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pelaksanaan perawatan payudara dengan kelancaran ASI. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Metode samplingnya adalah total sampling. Sampel diambil dari seluruh responden sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan 5 butir pertanyaan tentang kelancaran ASI dan observasi pelaksanaan perawatan payudara yng terdiri dari alat, bahan, dan cara pengururtan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan perawatan payudara pada kategori baik 22 orang (73%) dengan kelancaran ASI tergolong baik 28 orang (93%). Hasil pengujian statistik dengan Spearmank Rank didapatkan nilai koefisien korelasi p-value (0,001) < α (0,05) yang artinya ada hubungan antara pelaksanaan perawatan payudara dengan kelancaran ASI ibu postpartum bahwa semakin ibu melakukan perawatan payudara dengan baik maka ASI pun akan lancar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan sampel yang lebih besar, area penelitian yang lebih luas dan meneliti variabel lain diluar variabel penelitian.

Kata Kunci : Kelancaran ASI, perawatan payudara.

Full Text:

PDF

References

Huliana. 2003. Perawatan Payudara. Jakarta: Salemba Medika.

Hanafiah. 2004. Ilmu Kebidanan. Jakarta: EGC.

Khairuniyah. 2004. Pemberian ASI ekslusif. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Roesli. 2000. Mengenal ASI Ekslusif. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soejiningsih. 2007. ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: Salemba.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.