PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN SADARI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN SADARI PADA REMAJA DI ASRAMA PUTRI KEPERAWATAN PSIK UNITRI MALANG

Sutamilaru Bale, Atti Yudiernawati, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Penyakit kanker merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Penyakit ini berkembang semakin cepat, diperkirakan dari setiap 100.000 penduduk Indonesia terdapat 100 penderita kanker baru. Tingginya tingkat kematian akibat kanker terutama di Indonesia antara lain disebabkan karena terbatasnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya kanker, tanda-tanda dini dari kanker, faktor-faktor resiko terkena kanker, cara penanggulangannya secara benar serta membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Kesehatan SADARI terhadap Kemampuan Elakukan SADARI pada Remaja di Asrama Putri Eperawatan PSIK UNITRI Malang. Desain dalam penelitian ini adalah desain penelitian pra-eksprimen. Variabel yang diteliti adalah Pengaruh Penyuluhan Kesehatan SADARI sebagai variabel independen dan Kemampuan Melakukan sebagai variabel dependen. Sampling yang diambil adalah Simple Random sampling dengan sampel berjumlah 43 orang responden yaitu Remaja Putri di Asrama Keperawatan PSIK UNITRI Malang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2014 dengan menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Data diuji menggunakan uji menggunakan uji t-test α 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan melakukan SADARI sebelum diberi perlakuan dalam kategori tidak baik yaitu 43 orang (100%) dan setelah diberi perlakuan masuk dalam kategori baik yaitu 17 orang (39,5%). Hasil pengujian statistik diperleh hasil ada pengaruh penyuluhan kesehatan SADARI terhadap kemampuan melakukan SADARI dengan nilai siginifikan 0,000.

Kata kunci : Penyuluhan kesehatan, kemampuan melakukan, SADARI.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azis, A. 2003. Riset Keperawatan dan Teknik Penulian Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Kusmiran, E. 2012. Kesehatan Reprouksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Kumalasari, I. 2012. Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Salemba Edika.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2013. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.