HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS PADA MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Meity Asshela, Swito Prastiwi, Ronasari Mahaji Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS pada mahasiswa Fakultas Pertanian UNITRI Malang. Penelitian ini menggunakan cross sectional, populasi mahasiswa Fakultas Pertanian sebanyak 605 mahasiswa dengan sampel sebanyak 91 mahasiswa, dengan menggunakan Proporsional Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian kuesioner, data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Spearman’s rho dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 80,2% mahasiswa pengetahuan baik, sebanyak 82,4% mahasiswa sikap sangat setuju dan sebanyak 76,9% mahasiswa perilaku baik. Berdasarkan hasil analisis Spearman’s rho diketahui ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS (pvalue 0,0018 < 0,05), ada hubungan antara sikap dengan perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS (pvalue 0,021 < 0,05), dan berdasarkan hasil analisis Regresi diketahui ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS (p-value 0,014 < 0,05). Mahasiswa yang memiliki perilaku kurang baik hendaknya meningkatkan pengetahuan dengan mengikuti seminar atau penyuluhan. Mahasiswa diharapkan meningkatkan kewaspadaan terhadap pencegahan penularan HIV/AIDS melalui pemberian informasi kepada teman sebaya. Direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya dengan menambah faktor-faktor lain, seperti tingkat kecerdasan, tingkat emosional, sosial ekonomi dan kebudayaan, dan juga mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS dengan menyempurnakan instrumen penelitian.

Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depkes. 2010. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2010. Jawa Timur.

Djoerban. 2001. Askep HIV / AIDS. http://askep-hiv-aids kristinusgule.html. di akses tanggal 07 Januari 2012. Jam 15:30.

Muhlisin. 2009. Skripsi. Hubungan pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS pada siswa SMK dengan praktik pencegahannya (studi kasus di SMK Muhammadiyah Salatiga). Tidak diterbitkan.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayuwati, L. 2006. Skripsi. Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Hubungan Penggunaan Narkoba Dengan Kejadian Infeksi Hiv/Aids Studi Kualitatif Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Bandung, Jawa Barat. Skripsi Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Padjadjaran

Rantung, M. 2010. KTI. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pekerja Seks Komersial Dengan Pencegahan HIV/AIDS Di Kota Manado. KTI Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado.

Sari, N. A. 2007. Hubungan Pangetahuan Tentang Perilaku Seks Yang Berakibat Terhadap PMS Dan AIDS Dengan Sikap Perilaku Seks Pada Waria Di Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah, Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.