PERBEDAAN TINGKAT KESEIMBANGAN TUBUH ANTARA LANSIA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

Anjelina Marta Lupa, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Kemampuan keseimbangan berkurang seiring penambahan usia karena terjadi perubahan pada sistem neurologis, sensori dan muskuloskeletal. Masalah keseimbangan akan berdampak jatuh pada lansia. Perbedaan jenis kelamin merupakan karakteristik lansia yang dapat mempengaruhi keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat keseimbangan tubuh antara lansia laki-laki dan lansia perempuan.Desain dalam penelitian ini adalah analitik komparatif. Variabel yang diteliti adalah keseimbangan tubuh sebagai variabel independen. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan sampel berjumlah 20 responden.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi Tinetti Balance and Gatte. Data diuji menggunakan uji Independen t-test α 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keseimbangan pada lansia laki-laki memiliki skor risiko jatuh rendah yaitu 8 orang (80%) sedangkan pada lansia perempuan memiliki skor risiko jatuh sedang yaitu 8 orang (80%). Berdasarkan uji statistik diperoleh hasil ada perbedaan tingkat keseimbangan tubuh antara lansia laki-laki dan lansia perempuan dengan nilai siginifikan 0,008. Saran yang direkomendasikan untuk lansia adalah sebagai informasi yang dapat digunakan untuk mencegah serta mengantisipasi faktor risiko yang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh dan risiko jatuh pada lansia.

Kata kunci : Keseimbangan tubuh, lansia laki-laki, lansia perempuan.

Full Text:

PDF

References

Lord, S.R., Sherrington, C., Menz, H.& Close, J.C.T. 2007: Falls in order people. New York: Cambridge University Press.

Mauk, K.L. 2010. Gerontologi Nursing Competiences for care. Sudbury: James and Barlett Publisher.

Miller, Carol A. 2004. Nursing for Wellnessinorderadults: Theory and Practic. Philadelpia: Lippincott Wiliams & Wilknis.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Salemba Medika.

Singh, M.A.F. 2000. Exercise, Nutrition, and the order Women: Wellnes for Women Over Fifty: CRC Press LLK.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.