HUBUNGAN POLA KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Elaspriani Kunto, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Musik bekerja memberikan efek secara simultan dalam tubuh, pikiran dan jiwa berpendapat bahwa musik merupakan curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama. Prestasi belajar banyak diartikan sebagai seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pola kebiasaan mendengarkan musik dengan prestasi belajar mahasiswa program studi ilmu keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan case control group, terdapat 30 sampel mahasiswa Unitri, Hasil penelitian didapatkan pola sebagian besar (40%) mahasiswa memiliki minat pada musik yang sedang, hal ini terdapat pada 12 responden, Sebagian besar (67%) mahasiswa memiliki prestasi belajar tinggi, hal ini terdapat pada 20 responden, ada hubungan pola kebiasaan mendengarkan musik terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, angkatan tahun 2012, Hasil analisis data dengan mengunakan uji wilcoxon signed rank test, didapatkan Sig. (2-tailed) saran untuk penelitian berikutnya untuk memperbanyak jumpah sampelnya.

Kata Kunci: Mahasiwa, musik, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Alimul, H. 2003. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Edisi I. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2000. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bergius. R. 1964. Belajar Mengajar. Jakarta: Widya Utama.

Djamarah, S.Bahri. 2008. Psikologi Belajar: Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djohan, 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hallam, S. 2006. Music Psychology in Education. London: Institute of Education.

Jamalus, 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakart: Depdikbud.

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Notoatmodjo, S. 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2010. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka cipta.

Nursalam. 2008. Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2003. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2011. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prakosa, 1991. Pengertian Hasil Belajar tersedia pada : http // Pengertian hasil belajar . Html (28 Desember 2011).

Pratt, W.S. 1960. The New Encylopedia of Music and Musicians. New York: The Macmillan Company.

Prier sj, Krl-Edmund. 1991. Sejarah Musik Jilid 1. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Rola, Fasti. 2006. Konsep Diri dan Motivasi Pada Remaja. USU Repository [Online].Tersedia http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1938/1/06010309.pdf.

Satiadarma, K., dkk. 2004. Azas Pengembangan Prosedur Analisis. Surabaya: Airlangga University Press.

Setiadarma, M.P., dan Zahra, R.P. 2004. Cerdas dengan Musik. Jakarta: Puspa.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siegel, Gary, Ramanaukus Marconi, 1999. Behavioral Accounting. Cincinnati. South Western: Publishing Company.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.