HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMENUHAN GIZI ANAK DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA TODDLER

Maria Helena, Joko Wiyono, Novita Dewi

Abstract

Status gizi merupakan salah satu permasalahan di Indonesia, merupakan keadaan kesimbangan antara asupan makanan dengan penggunanaan zat gizi. Asupan zat gizi pada toddler memerlukan dukungan keluarga dalam pemenuhannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dalam pemenuhan gizi anak dengan status gizi anak usia toddler di paud Mawar RW 06 Kelurahan Tlogomas Malang. Metode dalam penelitian ini adalah korelasi yang bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam peneliti ini adalah keluarga yang mempunyai anak usia toddler di Paud Mawar RW 06 Kelurahan Tlogomas Malang dan populasi yang diperoleh sebanyak 22 dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner statistic Uji Spearman rank dengan program SPSS for windows. Hasil penelitian Dukungan Keluarga dari 22 responden didapat hasil dukungan keluarga dalam kategori baik berjumlah 18 responden (81,8%), Status Gizi anak usia toddler dari 22 responden didapat hasil status gizi anak dalam kategori baik berjumlah 19 responden (86,3%), ada hubungan dukungan keluarga dalam pemenuhan gizi anak dengan status gizi anak usia toddler, dengan tingkat kemaknaan (Sig. (2-tailed)) ρ value sebesar 0,000<0,05. peneliti merekomendasikan untuk meneliti tentang status gizi pada anak menggunakan wawancara dan observasi yang dilaksanakan minimal 1 bulan mengenai pola makan, pola asuh pada urutan saudara dalam keluarga, kebiasaan keluarga, dan hal penting lainnya.

Kata Kunci: Anak usia toddler, dukungan keluarga, status gizi.

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2006. Merawat bayi buku pegangan Lengkap bergambar untuk pasangan Muda. Jakarta: Yayasan Ayah Bunda.

Arikunto. Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz. A. Alimul Hidayat. 2007. Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Friedman. M. Bowden. V. R. Jones, EG. 2003. Family Nursing. Research, theory & Practice. Fifth edition. New Jersey: Person Education Inc.

Friedman.2002. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori, & Praktek. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta.

Hasdianah. Siyoto dan Peristyowati. 2014. Gizi pemanfaatan gizi, diet, dan Obesitas. Edisi pertama. Jogyakarta: Salemba medika.

Wiyono, Joko. 2013. Tumbuh kembang keluarga. Penerbit Universitas Negeri: Malang.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.