HUBUNGAN KONDISI FISIK DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Sartiwi Sartiwi, Dyah Widodo, Esti Widiani

Abstract

Kondisi fisik adalah kondisi kebugaran dan kebaikan badan seseorang. Kondisi fisik yang terjadi pada setiap individu tentunya dapat mempengaruhi kecerdasan emosional pada setiap orang termasuk lansia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kondisi fisik dengan kecerdasan emosional pada lanjut usia di RT 01-03 RW 06 Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Desain penelitian menggunakan metode korelasi. Metode samplingnya adalah purposive sampling. Sampel diambil dari semua lansia di RT 01-03 RW 06 dengan jumlah lansia 58 orang. Variabel independenya kondisi fisik, sedangkan variabel dependennya kecerdasan emosional. Pengambilan data penelitian dengan observasi dan koesioner. Data dianalisis menggunakan uji kolerasi Spearman Rank menggunakan software SPSS versi 17 dengan taraf signifikan 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa lanjut usia sebagian besar kondisi fisik sedang (70,7%), serta hampir dari setengah dari responden kecerdasan emosional sedang (48,3%). Hasil analisis data didapatkan p value 0,013 < 0,05 dengan nilai korelasi 0,325 yang berarti H0 ditolak, artinya ada hubungan lemah antara kondisi fisik dengan kecerdasan emosional pada lanjut usia di RT 01-03 RW 06 Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Saran bagi lanjut usia agar selalu menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga ringan secara teratur dan selalu mengikuti pemeriksaan secara rutin di Posyandu Lansia terdekat dan bisa selalu berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya.

Kata kunci : Kondisi fisik, kecerdasan emosional, lanjut usia.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aru, W. dkk. 2007. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid I. Edisi IV. Jakarta: Pusat Penerbit Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI.

Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D. 2009. Emotional Intelligence; Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jaya, dan Rosmina. 2010. Keperawatan Gerontik, cetakan ke3. Jakarta: Sinar Harapan.

Kementrian Kesehatan RI. 2013. Gambaran Ksehatan Lanjut Usia Di Indonesia. Pusat Data Dan Informasi.

Maryam, S dkk. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Mujahidullah, K. 2012. Keperawatan geriatrik (merawat lansia dengan cinta dan kasih sayang). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rianto. 2008. Skripsi Hubungan Antara Kemunduran Fisiologis Dengan Stress Pada Lanjut Usia. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Syaiful, Sagala. 2010. Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.