HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PENGGUNAAN MEKANISME KOPING PADA LANSIA DI DESA KALISONGO KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Zakariya Zakariya, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Kepribadian merupakan karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran dan perilaku. Ketika individu yang cenderung memiliki kepribadian ekstrovert yang tinggi maka mereka cenderung untuk menceritakan permasalahannya dengan orang di sekitarnya sehingga mereka akan merasa beban mereka berkurang, sehingga kecenderungan mereka untuk mengalami penarikan diri lebih rendah. Individu dengan kepribadian introvert cenderung tertutup dan memendam segala permasalahan yang ada baik itu dengan keluarga, tetangga, maupun dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian dengan mekanisme koping pada lansia. Manfaat penelitian ini adalah agar lansia mendapatkan wawasan tipe kepribadian yang terjadi pada lansia dan penggunaan mekanisme koping. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 26 responden pengambilan sampel secara non-random dengan menggunakan metode total sampling. Hasil uji spearman rank dapat diinterprestasikan bahwa tipe kepribadian mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan mekanisme koping ditandai pada nilai correlation coefisien atau tingkat korelasi sebesar 0,610 atau 61% dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar α = 0,001 dengan taraf signifikan α < 0,05. Maka Ho ditolak artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara tipe kepribadian dengan mekanisme koping pada lansia di RT 01 dan RT 02 Desa Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Kata Kunci: Mekanisme koping, tipe kepribadian.

Full Text:

PDF

References

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. 2008. Kepribadian teori klasik dan riset modern. Jakarta: Erlangga.

Hidayat A. A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Selemba Medika.

Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.

Notoadmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. 2010. Ilmu Prilaku Kesehatan. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Wahyudi, N. 2012. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Jakarta: EGC.

Young, G. 2012. Membaca Kepribadian Orang. Yogyakarta: Think.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.