HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH DI SDN TLOGOMAS 2 MALANG

Maria Goreti Jelau Gabur, Atti Yudiernawati, Novita Dewi

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan langkah ampuh untuk menangkal penyakit, agar terbebas dari berbagai macam penyakit. Dalam kehidupan sehari-hari personal hygiene sangat penting dan harus diperhatikan dan ditanamkan sejak dini, sehingga mempengaruhi prestasi belajar dan masa depan anak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap personal hygiene anak usia sekolah di SDN Tlogomas 2 No 248 Malang. Desain dalam penelitian ini adalah correlation. Pendekatan variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku hidup bersih dan sehat sebagai variabel independen dan personal hygiene anak usia sekolah sebagai variabel dependen. Sampling yang digunakan adalah random sampling dengan sampel berjumlah 36 siswa dari populasi 120 responden yang ada di SDN Tlogomas 2 No 248 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data analisis menggunakan uji spearman rho α 0,05. Hasil Penelitian menunjukan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kategori baik (52,7%) sedangkan personal hygiene anak usia sekolah dalam kategori baik (58,3%). Dari pengujian statistik diperoleh hasil ada hubungan antara perilaku hidup bersih dan sehat terhadap personal hygiene anak usia sekolah dengan nilai signifikan 0,914 atau 91,4%. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangi penelitian ini dengan metode lain, seperti eksperimen dengan variabel lain yang mempengaruhi personal hygine.

Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Personal Hygiene.

Full Text:

PDF

References

Departemen Kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan. 2007. Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

Dinkes Sulawesi Selatan. 2006. Pedoman pengembangan Kabupataen/kota percontohan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Diakses 11 Mei 2013.

Isro’in dan Andarmoyo, S. Personal Hygiene. Konsep, Proses dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan .Yogyakarta : Graha Ilmu.

Maryunani, A. 2013. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) . Jakarta: Trans Info Media.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Peneltian Keperawatan Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Potter, PA. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan . Konsep, Proses, dan Praktik. Ed/4, Vol. Jakarta : EGC.

Proverawati dan Rahmawati. 2012. Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS). Medical Book. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rendy, C. 2013. Buku Saku Keterampilan Dasar Keperawatan. Medical Book. Yogyakarta: Nuha Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.