HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI (EQ) PADA REMAJA SMPN 1 DAU MALANG

Wawan Ristiyadi, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Pola asuh orang tua saat ini sangatlah berpengaruh pada kecerdasan emosional pada remaja. Peran orang tua dalam hal ini dapat berupa bentuk pola asuh yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada kesalahan dalam mendidik anak maka pola asuh ini akan berdampak negative pada anak usia remaja. Pada pengasuhannya, memerlukan sejumlah kemampuan interpersonal dan mempunyai tuntutan emosional yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosi (EQ) Pada Remaja SMPN 1 Dau Malang. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian non ekperimen dengan jenis correlation dengan metode pendekatan cross sectional.Populasinya adalah semua orang tua siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Dau Malang dan semua siswa kelas 7 dan 8 Dengan jumlah total 339. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearman rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil pengumpulan data, sebagian besar (71%) pola asuh orang tua responden masuk kategori demokratis sebanyak 49 orang. Sebagian besar (65,2%) kecerdasan emosiona quesion respoden masuk kategori baik sebanyak 45 orang. Hasil analisis bivariat menunjukan p-value= 0,00 artinya p-value< 0,05. Artinya ada hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosi (EQ) Pada Remaja SMPN 1 Dau Malang. Saran yang dapat direkomendasikan, bagi orang tua dalam memilih pola asuh memiliki kecendrungan dari masing-masing Pola asuh baik pola asuh demokratis, otoriter, dan permisif. Orang tua dengan pola asuh yang demokratis akan berdampak pada anak menjadi lebih terbuka dengan kedua orang tua.

Kata Kunci : Kecerdasan emosional, pola asuh.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Ismail, A. 2011. Hubungan kecerdasan emosi perawat dengan kemampuan komunikasi interpersonal perawat di rumah sakit jiwa hayunanto medical center (hmc) sengkaling malang.Skripsi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Nurdiana. 2011. Hubungan Pola Asuh Extended Family Dengan Kecerdasan Emos pada anak usia Prasekolah di Bina Keluarga Balita (BKB) Rw 5 Kelurahan Tlogomas Kotamadya Malang. Skripsi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Eka, M, R. 2007. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Univeritas Islam Indonesia Yogyakarta.

Endah N, R. 2006. Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Perawat, Jurnal Keperawatan Rufaidah Sumatera Utara, Volume 2 Nomor 1, Universitas Sumatra Utara.

Goleman, D. 2001. Intelligence Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, S. D. 2000. Psikologi Praktis : Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulya.

Gunarsa, Singgih. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.

Hurlock, Elizabeth B. 2004. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Alih Bahasa: Dra. Istiwidayanti & Drs Soedjarwo, M.Sc) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elisabeth. 2006. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga

Hurlock, Elizabeth B. Alih bahasa Isti Widayanti dan Sudjarwo. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Ira Petranto. 2006. Pola Asuh Anak. http://www.polaasuhanak.com. Diakses pada tanggal 8 April 2013.

Irwanto, E. 2011. Hubungan pola asuh orang tua dengan kenakalan remaja usia 15-20 tahun di RW 1 desa petiken kecamatan driyorejo gresik. Skripsi stikes yarsis.

Monks, F.J. 2007. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya.Cet. 14.: Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta : CV Sagung Seto.

Theresia S. Indira. 2009. Pola Asuh Penuh Cinta. http://www.polaasuhpenuhcinta.com. Diakses pada tanggal 8 April 2013.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.