HUBUNGAN POLA MAKAN SEIMBANG DENGAN PRODUKSI ASI IBU MENYUSUI DI TLOGO INDAH KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Irma Yustina Imasrani, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Periode post partum akan mempengaruhi semua perubahan fisiologis termasuk perubahan fisiologis pada payudara setelah janin dan plasenta lahir ,konsentrasi hormon akan menstimulasi perkembangan payudara pada ibu yang menyusui langsung setelah melahirkan maka kadar prolaktin akan menurun dengan cepat dan pada saat menyusui akan terdapat suatu cairan kekuningan yaitu kolostrum, setelah laktasi dimulai payudara akan teraba hangat dan tidak keras ketika disentuh. Masa menyusui adalah masa yang sangat penting dan berharga bagi seorang ibu dan bayinya. Pada masa inilah hubungan emosional antara ibu dan anak akan terjalin, dengan periode yang cukup panjang, masa menyusui sangat baik bagi perkembangan mental dan psikis anak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hubungan antara pola makan seimbang dengan produksi ASI ibu menyusui di RW 01 Tlogo Indah Kecamatan Lowokwaru Malang. Desain dalam penelitian ini adalah Cross Sectional. Variabel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pola makan seimbang ibu menyusui sebagai variabel independen dan Produksi ASI ibu menyusui sebagai variabel dependen. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel ibu menyusui yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 29-30 Juli 2013 dengan menggunakan kuesioner. Data analisis menggunakan uji sperman rank α=0,05 dapat diketahui bahwa produksi ASI ibu yang baik sebanyak 23 orang (71,9%) dan pola makan seimbang yang normal sebanyak 13 orang (40,6%). Berdasarkan hasil analisa statistik diperoleh nilai p value 0,01 < () 0,05 (75,7%). Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan sebagai topik penelitian dengan variabel yang berbeda.

Kata Kunci : Ibu menyusui, produksi ASI, pola makan seimbang.

Full Text:

PDF

References

Almaitzier. 2005. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Anonymous, 2009. Status Gizi dan Faktor Yang Mempengaruhi (http://answarsasake.wordpress.com). diakses pada 16 Desember 2010.

Bobak. 2005. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta : EGC.

Indiarti, M.T. 2006. Panduan Lengkap Kehamilan, Persalinan, dan Perawatan Bayi. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Notoatmodjo, S. 2002. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metode Penelitian Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Manuaba. 2009. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Prasetyono. D. S. 2005. BukuPintar ASI Ekslusif. Yogyakarta: Diva Press.

Prawirohardjo, Sarwono. 2006. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Proverawati, A. 2009. Buku Ajar Gizi Untuk Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Zallilah, MS. 2006. Makanan yang dipantang atau tabu dan dianjurkan selama hamil dan menyusui. www. ibu hamil.com. diakses pada 22 November 2008.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.