Reaksi Psikologis Anak Belajar Daring (Online) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan

Yanti Rosdiana, Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas

Abstract

ABSTRAK

 

Kondisi pandemi dapat membuat individu merasa tertekan dan khawatir, khususnya pada siswa sekolah dasar. Respon umum dari orang yang terdampak pandemi dapat berlangsung secara langsung atau tidak langsung. Dampak yang ditimbulkan adalah antara lain ketidakstabilan emosi, reaksi stres, kecemasan, trauma dan gejala psikologis lainnya. Efek psikologis ini memiliki dampak besar pada individu dan juga pada komunitas. Belajar di disekolah yang beralih dengan pembelajaran secara daring (online), juga dapat memberikan dampak pada aspek psikologis anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui Reaksi Psikologis Anak Belajar Daring (Online) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Responden penelitian adalah siswa di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan, didapatkan sampel sebanyak 47 responden dengan teknik pengambilan total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). Hasil analisis secara univariat dan disajikan secara distribusi frekuensi. Hasil Menunjukkan bahwa hampir semua siswa SDN 1 Sumberejo 1 purwosari pasuruan memiliki kekuatan dan kesulitan yang normal di 3 indikator yaitu masalah tingkah laku, masalah teman sebaya dan kemampuan prososial. Perlu adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru agar reaksi psikologis anak dapat normal seperti saat belajar di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan.

 

 

Keywords

Reaksi Psikologis; Belajar Daring ;Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References

Banerjee, D. (2020). The COVID-19 outbreak: Crucial role the psychiatrists can play. Asian journal of psychiatry, 50, 102014.

Cintiasih, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sd Ptq Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan, 5 th Edition, Jakarta: Rineka Cipta

Keliat, B. A. (2018). Dukungan kesehatan jiwa dan psikososial (mental health and psychosocial support): keperawatan jiwa.

Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Al-Mau'izhoh, 2(2).

Meutia, A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Pada Psikis Dan Ingatan Anak. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 60-66.

Nanu, D. E. (2015). The Attachment Relationship with Emotional Intelligence and Well-Being. Journal of Experiential Psychotherapy/Revista de PSIHOterapie Experientiala, 18(2).

Nurtanti, S., & Ratnasari, N. Y. (2015). Dukungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Lebak Kecamatan Pracimantoro. Jurnal KEPERAWATAN GSH, 4(2).

Nurmaliah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik dengan Menggunakan Teknik Self Intruction, Jurnal Pendidikan Humaniora, 2 (3).

PPKPA, P. P., & Terlampir, Y. D. P. S. (2013). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil kesehatan Indonesia tahun.

Pramudyani, A. V. R., & Asmorojati, A. W. (2020, November). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 755-764).

Rahmi, N. (2013). Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Stikes U’budiyah, 1(2).

Riggs, S. A. (2010). Childhood emotional abuse and the attachment system across the life cycle: What theory and research tell us. Journal of Aggression, Maltreatment & Trauma, 19(1), 5-51.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling, 2 th Edition. Bandung: Pustaka Setia.

Sukoati, S., Astarani, K., & Kediri, S. R. B. (2012). Aktivitas Bermain Mewarnai Dapat Meningkatkan Mekanisme Koping Adaptif saat Menghadapi Stres Hospitalisasi pada Anak. Jurnal Stikes, 5(2).

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Wibhowo, C., Andromeda DS, K., & Santoso, J. G. (2019). Trauma Masa Anak, Hubungan Romantis, dan Kepribadian Ambang. Jurnal Psikologi, 46(1), 63-71.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.