Gambaran Karakteristik Siswa SMP Dalam Mengontrol Emosional Di Kota MALANG

Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas, Neni Maemunah, Rolianto Ngganja lakar

Abstract

ABSTRACT

 

The development of adolescence is always looking for new things and identity, this will make the youth begin to understand themselves when they have the ability to regulate and control their emotions and will adversely affect if they are not able to multiply their emotions. This study aims to know the characteristics of junior high school students in emotional control in Malang. This type of research is descriptive analytics. The respondents of the study were students at SMP Shalahuddin Malang, obtained a population of 65 respondents and a sample of 56 respondents taken with simple random sampling techniques. The data was collected using questionnaires. The results of the analysis are univariate and presented by frequency distribution. The results showed that of the 28 young men at Shalahuddin Junior High School in Malang, most had emotional control in the moderate category (71.43%) and that of the 28 young women at Smp Shalahuddin Malang most had emotional control in the high category (64.29%). In educational institutions, there needs to be knowledge about the characteristics of junior high school students in controlling emotions in Malang so that they know how to cope with students who cannot control emotions properly.

 

Keywords : Student Characteristics, and Emotional Control

 

ABSTRAK

 

Masa perkembangan remaja selalu mencari hal yang baru dan identitas dirinya, hal ini akan membuat remaja mulai memahami dirinya ketika memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengendalikan  emosinya dan akan berdampak buruk bila tidak  mampu  mengalikan  emosinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran karakteristik siswa SMP dalam mengontrol emosional di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Responden penelitian adalah siswa di SMP Shalahuddin Kota Malang, didapatkan populasi sebanyak 65 responden dan sampel sebanyak 56 responden yang diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis secara univariat dan disajikan secara distribusi frekuensi. Hasil menunjukkan bahwa dari 28 remaja putra di SMP Shalahuddin Kota Malang sebagian besar memiliki kontrol emosi pada kategori sedang (71,43%) dan bahwa dari 28 remaja putri di SMP Shalahuddin  Kota  Malang  sebagian  besar  memiliki  kontrol  emosi  pada  kategori tinggi (64,29%). Pada instansi pendidikan perlu adanya pengetahuan tentang karakteristik siswa SMP dalam mengontrol emosional di Kota Malang sehingga mengetahui cara mengatasi siswa yang tidak bisa mengontrol emosi secara baik.

 

Kata kunci : Karakteristik siswa, dan Mengontrol emosional

Keywords

Karakteristik; Mengontrol emosi; Siswa

Full Text:

PDF

References

Artasari, D. N. (2017). Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kematang emosi pada siswa SMP Diponegoro Tumpang Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Asmidayati 2014. Kematangan Emosi pada Remaja Putri yang melakukan Pernikahan Dini di Desa Kaliagung Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Handasah, R. R. (2018). Pengaruh kematangan emosi terhadap agresivitas dimediasi oleh kontrol diri pada siswa SMA Negeri di Kota Malang. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 2(2).

Hurlock. 2011. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Idhar, I. (2012). Hubungan antara komunikasi positif guru dan murid dengan kecerdasan emosional murid di SMP Negeri 13 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Narita, N. (2020). Peran guru kelas dalam mengembangkan kecerdasan emosional melalui kegiatan pembiasaan siswa Kelas V Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Safaria, T dan Saputra, N.E. 2009. Managemen Emosi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sari, I. K. (2018). KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP MUHAMMADIYAH DI KOTA MALANG (Doctoral dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Sarwono. 2011. Psikologi Remaja.Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Ulfah. 2016. Hubungan Kematangan Emosi dan Kebahagiaan pada remaja yang Mengalami Putus Cinta . Jurnal Ilmiah Psikologi Volume 9. No. 1, Juni 2016

Wibowo, P. S. (2013). Perbedaan keterampilan mengontrol emosi siswa akselerasi dengan siswa reguler SMA Ngeri Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Yashinta RA. 2016. Hubungan Kematangan Emosi dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa Kelas XII SMP

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.